Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pemkot Tangsel-Puspiptek Akan Bangun BBIAT

Posted by kinclonk pada 5 Juli 2011

SERPONG – Dinas Pertanian dan Keta­hanan Pangan Kota Tangsel mulai men­jalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Pus­pip­tek) dalam mengembangkan ikan air tawar. Kerja sama tersebut direa­li­sasikan dengan dibangunnya Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) di kawasan Pus­piptek, Setu, Kota Tangsel.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Per­tanian dan Ketahanan Pangan Kota Tang­sel Mispan mengatakan, potensi pe­ngem­bangan ikan air tawar di kota oto­nom baru ini cukup bagus. Untuk itu, dengan dibangunnya BBIAT Puspiptek akan mengembang ikan air tawar mulai da­ri pembenihan hingga pembesaran. “Pus­piptek sudah menyiapkan lahan se­luas 2,5 hektare,” ucapnya, Senin (4/7).

Dikatakan Mispan, di lahan seluas 2,5 hek­tare tersebut dibangun area pe­ngem­bangan perikanan, rumah makan, dan wisata air. Puspiptek juga menyediakan tenaga ahli perikanan. Sedangkan, Pem­kot menyiapkan petani ikan dengan me­libatkan Kontak Tani dan Nelayan An­dalan (KTNA). “Banyak ya­ng men­dukung rencana kami,” katanya.

Mispan mengaku, untuk menggolkan ren­cana tersebut, pihaknya sudah mem­buat Detail Enginering Design (DED) untuk diajukan ke pusat. Pihaknya me­nar­getkan tahun 2012 mendatang te­rea­lisasi. “DED Sedang kami kerjakan, ke­mung­kinan tiga bulan ke depan sudah ada DED dengan biaya Rp 250 juta. Se­dang­kan estimasi anggarannya, pemba­ngunan fisik berasal dari pusat,” ung­kapnya.

Ikan tawar yang akan dikem­bangkan, lanjut Mispan, yakni gurame, nila, mujair, patin, lele, dan mas. Hasil pengembangan akan dipasarkan ke sejumlah pasar dan rumah makan di tujuh kecamatan di Tangsel. “Tangsel ‘kan surganya kuliner. Pasti banyak yang membutuhkan ikan,” tukasnya. (riz/man/del)

Radar Banten, 5 Juli 2011

Satu Tanggapan to “Pemkot Tangsel-Puspiptek Akan Bangun BBIAT”

  1. Dra. Suria Ati Kusumah said

    Selamat,., Semoga dimudahkanNya program tersebut.. Insya Allah kami dapat berpartisipasi dengan Program Strategi Komunikasi Terpadu, al: membudayakan perilaku masyarakat Tangsel untuk menyenangi makan ikan.. Terimakasih..

    Salam Tani Makmur !

    Dra. Suria Ati Kusumah
    – Bid. Informasi dan Komunikasi DPP Wanita Tani HKTI
    – Komite Bid. Infrastruktur Pertanian & Pedesaan DPN HKTI
    – Humas PP PIRA (Perempuan Indonesia Raya)
    – Ketua Umum PD PIRA Prov. Banten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: