Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Menuju World Class University, UT Raih Penghargaan ICDE

Posted by kinclonk pada 24 November 2010

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG–Universitas Terbuka (UT) mendapatkan quality review certificate dari International Council for Open and Distance Education (ICDE). Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Sekjen ICDE di Kampus UT di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu (24/11).

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, world class university sebenarnya adalah suatu kondisi yang dicapai oleh satuan tugas pendidikan di perguruan tinggi yang diakui oleh badan dunia yang menjadi contoh untuk ditiru oleh perguruan tinggi lainnya. Apalagi, UT sebagai mega-university dengan mahasiswa mencapai 650 ribu orang, mampu mengembangkan sistem yang memadai.

”Saya melihat dari para panelis menghargai sistem yang dikembangkan dan kemajuan yang terjadi di UT, sehingga UT ditawarkan untuk dijadikan contoh open university di perguruan tinggi lain di dunia,” ujar Fasli seusai membuka Temu Ilmiah Nasional Guru II/2010 dengan tema ‘ Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan yang Berkarakter dan Berbasis Budaya’ di Kampus UT, Rabu.

Sementara Sekjen ICDE, Dr L Karell Kapkan, menyebutkan, dengan perkembangan yang kini terjadi, banyak permintaan kebutuhan hidup serta banyak model dan sistem pendidikan yang terus berkembang di dunia ini seperti yang dilakukan oleh UT. ”Padahal UT dibandingkan dengan universitas lain termasuk universitas yang masih muda, tapi kemajuannya sistem pendidikannya luar biasa,” pujinya.

ICDE adalah satu-satunya institusi global yang memiliki visi untuk menetapkan dan mereview praktik-praktik pembelajaran jarak jauh. Ia sudah mengembangkan semacam instrumen untuk mereview institusi seperti UT dan intinya untuk melihat kualitasnya.

Karell meminta institusi seperti ini membuat laporan evaluasi sendiri atas ragam aspek yang telah ditetapkan oleh mereka. UT sudah menyampaikan evaluasi ini pada bulan Maret lalu setelah itu ICDE membentuk team work kemudian membaca laporan dari UT tersebut.

Tim terdiri dari para peneliti pendidikan jarak jauh dan juga anggota yang punya pengalaman, misalnya para mantan rektor. Menurut Karell, hasil report yang diberikan UT sangat menggembirakan. ”UT telah mengalami banyak kemajuan setelah lima tahun lalu. Kini UT semakin maju di banding institusi lain,” tegasnya.

Republika, 24 November 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: