Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Portal Perumahan Segera Dibongkar

Posted by kinclonk pada 15 November 2010

PAMULANG-Ratusan portal yang ada di perumahan-perumahan di wilayah Kota Tangsel segera dibongkar. Pasalnya, jalan-jalan perumahan itu akan digunakan sebagai akses jalur alternatif dan angkutan umum pada pemberlakuan sistem satu arah (SSA) mulai Desember mendatang.

Di wilayah otonom baru ini terdapat 117 titik portal yang tersebar di 14 komplek perumahan yang ada di Kecamatan Pamulang dan Ciputat. Di antaranya, portal yang ada di Perumahan PBI V, Cimanggis, Simpang Sasak, Apotik Sartiti, Jalan Ketapang III, Wintanaharja, dan Jalan H Nursaid, Pamulang.

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangsel Djoko Suryanto mengatakan, penertiban dan pembongkaran itu secepatnya dilakukan pemerintah daerah. Proses pembongkaran sudah diserahkan kepada satuan kerja perangkat dinas (SKPD) terkait. “Jika warga menolak membongkar sendiri, petugas Satuan Polisi Pamong Praja akan membongkarnya” katanya, Minggu (14/11).

Dikatakan Agus, regulasi yang diambil itu, lanjutnya, dikarenakan Kota Tangsel akan meluncurkan sistem satu arah (SSA) atau lebih dikenal one way. Untuk itu jalur alternatif akan difungsikan. Tujuannya, selain mempermudah akses warga sekitar juga akan menjadi rute angkutan umum. “Kemacetan di Kota Tangsel akan terpecahkan,” ujarnya.

Sedangkan pembangunan portal tanpa izin, kata Djoko, dapat diancam pidana paling singkat 20 hari kurungan penjara paling lama 90 hari atau denda paling sedikitnya Rp 500.000 dan maksimal Rp30 juta. “Jadi setelah dibongkar nanti pihak pengembang atau warga tidak diperbolehkan lagi membangun portal tersebut,” terangnya.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Pemukiman Kota Tangsel, Nur Slamet mengutarakan, pihaknya sedang meneliti lokasi portal-portal jalan yang melanggar aturan perizinan dan mendesak untuk dibongkar. Pihaknya menduga ada 60 persen portal yang melanggar aturan karena memang tidak memiliki izin, berdasarkan Undang-Undang No 38/2009 tentang Jalan dan Perumahan serta Perda Kabupaten Tangerang No 8/2007 mengenai Ketertiban Umum. (mg-07/man/del)

Radar Banten, 15 Nopember 2010

Satu Tanggapan to “Portal Perumahan Segera Dibongkar”

  1. santo said

    setuju tuh soal ye akses biar jalan g macet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: