Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

KPU Tangsel Gandeng IAI Audit Dana Kampanye

Posted by kinclonk pada 31 Agustus 2010

TANGERANGNEWS-Sumber dana bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota mendapat perhatian khusus Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel. Karena itu, dalam rapat pleno Jumat (6/9), selain menetapkan nomor urut bakal calon, KPU Tangsel mengingatkan agar bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota segera menyiapkan rekening khusus sumbangan dana kampanye.

Menurut anggota KPU Tangsel Agus Supadmo menyatakan, tiga hari setelah nomor urut diumumkan, KPU meminta agar calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota segera menyerahkan laporan pendanaan kampanye.

“Kepada calon , tiga hari pasca penetapan calon hari ini atau katakanlah besok, semua calon sudah membukukan dana-dana kampanye yang akan dikeluarkan,”ujarnya.

Berdasarkan aturan terbaru, setiap calon Wali Kota dan wakil Wali Kota wajib mencatatkan seluruh pemasukan dan penggunaan dana kampanye. Calon  juga dilarang menerima atau menggunakan sumbangan dana yang anonim. ’’Dana (anonim) itu nanti harus masuk kas negara karena tidak diketahui siapa yang menyumbang,”tegasnya.

Ia menambahkan terhadap dana yang sudah jelas namanya pun, KPU wajib mengawasi pihak yang menyumbang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. “Asal-usul penyumbang juga akan diperiksa,”katanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan saat audit nanti, KPU rencananya bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). “Kami mungkin tak bisa mengawasi aliran dana kampanye. Karena itu, kami akan meminta bantuan pihak lain,” ungkapnya. (deddy)

Tangerang News, 31 Agustus 2010

2 Tanggapan to “KPU Tangsel Gandeng IAI Audit Dana Kampanye”

  1. adaapa33@plasa.com said

    dari kacamata awam saja kami warga Tangsel melihat ada salah satu calon walikota yang pasang baliho abis2an pasang poster kampanye di-mana2(nyuri Start)..pasti Modalnya geeeedeee banget ratusan M.M an.. Menurut anggota KPU Tangsel Agus Supadmo : KPU wajib mengawasi pihak yang menyumbang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. “Asal-usul penyumbang juga akan diperiksa,” (SELAMAT BEKERJA !!!! KPU)

  2. rahman said

    klaw anggaran Per TPS berapa ya??? masalah nya saya pemilik lapangan yang digunakan untuk pemilihan stiap pemilihan tapi dri pihak penyelenggara tdk memberikan apapun??? apakah anggrannya kecil per tps tolong jawabannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: