Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pipa Tanam Sumber Banjir di Tangsel

Posted by kinclonk pada 30 Agustus 2010

PAMULANG – Pipa tanam menjadi salah satu faktor penyebab banjir di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Hal itu berdasarkan verifikasi Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Tangsel yang juga menyatakan, lima titik daerah banjir mencapai titik kronis lantaran sistem drainase tidak berfungsi dengan baik akibat pipa tanam.

Dia mencontohkan lokasi banjir di Perumahan Jurang Mangu Permai, Kecamatan Pondok Aren. Air sungai yang melintasi perumahan itu kerap meluap karena banyak pipa tanam atau pipa yang melintang di atas sungai. Pipa tanam membuat pendalaman sungai tak dapat dilakukan, sementara pipa yang melintang di atasnya, membuat sampah tertahan.

Hasil verifikasi DBMP mengungkapkan bahwa pipa-pipa yang menjadi salah satu faktor penyebab banjir itu ternyata milik BUMN. Pipa itu mayoritas berfungsi untuk memasok air dan pelindung kabel, baik kabel optik maupun kabel telekomunikasi. “Sebagai solusi, sudah dikirimkan surat ke kantor pusat BUMN maupun kantor cabangnya yang ada di Tangsel. Dan kita masih menunggu karena belum ada balasannya,” kata Judianto, Kepala Bidang Pengairan DBMP Kota Tangsel, Jumat (27/8).
Surat itu juga dikirimkan terkait rencana Pemkot Tangsel merevitalisasi sungai pada 2011 mendatang. “Normalisasi sungai dan juga peninggian turab akan dilakukan. Atas itu juga surat dikirimkan untuk mencari solusinya,” kata Judianto.

Ketua Komisi D DPRD Kota Tangsel Iwan Rahayu mengatakan, pihaknya akan juga mendorong perusahaan pemilik pipa-pipa untuk melakukan pembenahan sebelum proses revitalisasi berlangsung. “Kami juga akan sampaikan kepada perusahaan itu,” kata Iwan. (mg-06/don)

Radar Banten, 30 Agustus 2010

Satu Tanggapan to “Pipa Tanam Sumber Banjir di Tangsel”

  1. adaapa33@plasa.com said

    Tidak hanya Pipa tanam menjadi faktor penyebab banjir di Kota Tangerang Selatan. Faktor Lain, penguruk-an tanah di daerah utara alam-sutra pasti berdampak pada penyerapan air dan kondisi sistem aliran air dari daerah pamulang, serpong menuju utara terganggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: