Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Dana PPDP Pilkada Tangsel Rawan Korupsi

Posted by kinclonk pada 28 Agustus 2010

PONDOK AREN, TO- Dana Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rawan tindak korupsi. Pasalnya, banyak ditemukan keganjalan dalam penyalurannya.

Anggaran PPDP sebesar Rp 300 ribu per TPS yang dipotong Pajak Penambahan Nilai (PPN) sebesar 5 persen atau sekitar Rp 15 ribu menjadi Rp 285 ribu seharusnya dianggarkan untuk petugas PPDP. Namun, dalam praktiknya dana itu dibagi lagi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rp 50 ribu untuk PPK dan Rp 35 ribu untuk disimpan sebagai cadangan operasional oleh PKK.

Kemudian, dana yang tersisa Rp 200 ribu oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan dibagi kepada Ketua Rt dan Rw sebagai pengganti petugas PPDP. Karena satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdiri dari beberapa Rt dan Rw. Hal itu dimaksudkan untuk menambah semangat Ketua Rt dan Rw untuk menyukseskan Pilkada Tangsel.

“Anehnya, kenapa PPK dengan ketua PPS membuat kesepakatan membagi PPK sebesar Rp 50 ribu per TPS. Seharusnya PPK sebagai penyalur yang tidak memiliki kewenangan dalam anggaran itu. Dana yang Rp 35 ribu itu juga tidak jelas peruntukkannya,” ujar salah seorang sumnber yang enggan menyebutkan namanya itu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, indikasi korupsi dana PPDP ada dalam potongan Rp 50 ribu untuk PPK. Sebab, seharusnya mekanisme pencairan dana dari KPU ke PPK langsung ke PPS dan PPDP. Sekarang jika PPK memotong dana PPDP sebesar Rp 50 ribu dikali banyaknya TPS se-Kecamatan yang berjumlah sekitar 400 lebih TPS di Kecamatan Pondok Aren akan berjumlah sekitar Rp 20 juta. Hal ini yang menimbulkan kecurigaan warga.

“Seharusnya dana itu tidak dipotong oleh PPK. Sebab, hal itu menyalahi peraturan KPU untuk PPDP,” tambah sumber yang ada dalam lingkungan PPDP itu. (kr)

Tangerang Online, 27 Agustus 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: