Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

KPU Tangsel Tak Libatkan Panwas Soal Ijazah Calon

Posted by kinclonk pada 27 Agustus 2010

TANGERANGNEWS-KPU Kota Tangsel tidak  melibatkan Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Panwas)  saat melakukan verifikasi keabsahan ijazah bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Menurut Ketua Panwaslu Pilkada Kota Tangsel Muslih Basar,  KPU tidak pernah melibatkan Panwas dalam tahapan verifikasi keabsahan ijazah bakal calon. Bahkan, Panwas sendiri hingga saat ini belum menerima informasi seputar pelaksanaan verifikasi keabsahan ijazah tersebut termasuk kabar yang menyebutkan mereka melakukan pengecekan ijazah bakal calon ke luar daerah.

“Seharusnya Panwaslu dilibatkan dalam verifikasi tersebut jika tidak kami meminta bukti otentik dan berita acara tentang absahan ijazah bakal calon Wali kota dan wakil wali kota,” ujarnya.

Ia mengatakan, Panwas  sangat menyayangkan soal ini karena Panwas sama sekali tidak pernah menerima informasi resmi mengenai tahapan verifikasi faktual  terkait keabsahan ijazah bakal calon. “Padahal itu merupakan kewenangan yang diberikan Undang-undang kepada kami,” katanya

Lanjut Muslih, Panwas sangat menyayangkan langkah yang dilakukan oleh KPU karena sikap inkonsistensinya yang tidak melibatkan dalam verifikasi faktual terkait keabsahan ijazah bakal calon karena hal itu menyulitkan Panwas melakukan pengawasan.

“Kami mengharapkan kerja sama KPU Kota Tangsel untuk melibatkan Panwas dalam setiap tahapan karena itu merupakan kewenangan kami dan amanat konstitusi yang dijalankan,” tandasnya.

Sementara itu, pokja verifikasi Agus Supadmo mengatakan KPU sampai saat ini belum memverifikasi faktual bakal calon Wali kota dan Wakil Wali kota karena masih banyak tahapan-tahapan yang belum diselesaikan.

“Tidak benar kami tidak melibatkan Panwas, sebab kami telah menyerahkan surat keterangan ke Panwas  tentang tahapan verifikasi tersebut. Sabar, tenang nanti juga akan dilibatkan” Katanya (deddy)

Tangerang News, 27 Agustus 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: