Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

KPU Tangsel Verifikasi Ijazah Pasangan Balon

Posted by kinclonk pada 26 Agustus 2010

CIPUTAT, TO – Komisi Pemilihan Umum Tangerang Selatan (KPU Tangsel) mulai memverifikasi ijazah empat pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota. Mereka yang pernah studi di luar negeri, verifikasi dilakukan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pandidikan Tinggi Depdiknas.

Ketua KPU Tangsel Iman Perwira Bachsan mengatakan verifikasi itu mulai dilakukan Rabu (25-8). Untuk mempercepat proses verifikasi ijazah empat pasangan bakal calon itu, yakni Yayat Sudradjat-Norodom Sukarno, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, Arsid-Andre Taulani dan pasangan Rodiyah Najibah-Sulaeman Yasin, KPU membagi dua tim.

Tim pertama mendatangi sekolah para bakal calon di luar Tangerang dan tim dua mendatangi sekolah bakal calon di Tangerang. Sedangkan calon walikota atau wakil walikota yang pernah mengenyam pendidikan di luar negeri, KPU menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Depdiknas.

“Bagi calon baik calon walikota-calon wakil walikota yang pernah sekolah di luar negeri, kami akan mendatangi Dirjen Dikti dan akan melihat keabsahan ijazah para calon,”  kata Iman.

Dia mengatakan ijazah para calon walikota atau wakil walikota merupakan salah satu syarat mutlak. Tim yang bekerja itu akan datang langsung ke sekolah atau perguruan tinggi. “Jika ada indikasi ijazah para calon mulai SD hingga PT palsu, akan dipelajari lebih lanjut,” kata Iman.

Prinsip verifikasi faktual ijazah para calon di atas, kata dia, berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 68 tentang Teknis Tata Cara Pencalonan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah yang diratifikasi dengan Keputusan (SK) KPU Nomor 32D/2009.

“Merujuk peraturan yang ada, syarat mutlak pendidikan yang harus dipenuhi para calon adalah pendidikan minimal SMA,” kata dia.

Selain memverifikasi faktual ijazah calon, ujar Iman, KPU juga meminta para calon baik calon walikota-calon wakil walikota melengkapi administrasi lain yang belum lengkap. Administrasi dimaksud seperti akta kelahiran, legalisasi ijazah, NPWP serta sejumlah persyaratan administrasi lainnya.

“Guna melengkapi berkas administrasi itu, KPU telah menghubungi tim pemenangan masing-masing calon,” kata dia.

Iman menambahkan setelah tim memverifikasi faktual ijazah para calon serta kelengkapan administrasi lain sesuai aturan berlaku, tahap selanjutnya KPU mengundi nomor urut calon serta menetapkan para calon yang maju pada pemilukada nanti. (man)

Tangerang Online, 26 Agustus 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: