Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Rumah Kontrak Korban Situ Gintung Dipungut Pajak

Posted by kinclonk pada 30 April 2009

CIPUTAT-Kendati senang mendapatkan dana bantuan kontrak rumah senilai Rp 6 juta per KK dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pemerintah tetap akan melakukan pemungutan pajak sekitar 10 persen kepada 124 KK pemilik rumah kontrakan korban bencana Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan.

Artinya, dari dana Rp 6 juta yang diberikan hanya sekitar Rp 5,4 juta setiap KK yang akan diterima korban bencana untuk kontrak rumah. Menurut Pejabat Walikota Tangsel M Saleh, dari 124 kepala keluarga (KK) korban bencana Situ Gintung yang menempati barak I dan II akan diberikan uang sebesar Rp 6 juta per-KK. Uang tersebut digunakan mengkontrak rumah bagi korban bencana selama satu tahun.

“Korban bencana berhak mengkontrak rumah dimana saja, di Tangerang, Depok, Bekasi dipersilahkan. Mereka yang mendapatkan dana itu tidak hanya dibarak I dan II saja, namun yang tinggal dirumah saudaranya akan mendapatkan bantuan rumah kontrak,”ucap  Saleh.

Kendati demikian, total dana Rp 774 juta untuk mengkontrak rumah bagi 124 KK bantuan dari bantuan BNPB, akan dilakukan pemontongan pajak oleh pemerintah. Pemontongan pajak berlaku bagi korban bencana yang melakukan kontrak rumah.

“Komposisi kontrakan hanya setahun, bagaimanapun mereka (korban bencana) sebagai pemilik rumah kontrakan harus dipotong pajak sekitar 10 persen. Satu KK tidak mendapatkan Rp 6 juta melainkan hanya Rp 5,4 juta, karena pemontongan pajak tersebut,”ucapnya.

Ibnu Hasan salah seorang warga penerima bantuan rumah kontrak dari BNPB mengaku, meski senang mendapatkan bantuan itu namun dirinya kecewa dengan pemungutan pajak rumah tersebut oleh pemerintah.”Senang sih senang, tetapi kalau dipotong pajak ya sama saja kita tidak dibedakan dengan warga yang tidak kena bencana,” jelasnya. (iin)

Tangerangonline.com, 30 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: