Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Rusunawa Dibangun di Serua

Posted by kinclonk pada 27 April 2009

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan membangun rumah susun sewa (rusunawa) di kawasan Serua, Ciputat, Tangerang Selatan, tahun 2009. Ini merupakan solusi untuk memecahkan masalah pengungsi korban bencana Situ Gintung.

Penjabat Wali Kota Tangerang Selatan M Shaleh, Sabtu (25/4), mengungkapkan, pemerintah memiliki lahan seluas 4,5 hektar di kawasan Serua, sekitar 1 kilometer dari lokasi bencana.

”Pemkot Tangerang Selatan bekerja sama dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat segera membangun rusunawa. Kami bangun satu menara dahulu dengan kapasitas 96 keluarga. Kalau banyak peminatnya, kami segera membangun menara lainnya,” kata Shaleh.

Menurut Shaleh, cara ini lebih efektif dibandingkan dengan pemerintah membangun banyak menara rusunawa, tetapi akhirnya malah kosong. Ia menjelaskan, rusunawa merupakan salah satu alternatif solusi jangka panjang masalah pengungsi korban bencana Situ Gintung. Jumlah korban bencana saat ini tercatat sebanyak 295 keluarga dengan 1.048 jiwa.

Solusi jangka pendek yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan adalah menyediakan tempat sementara bagi pengungsi di Kertamukti. Selain itu, pemerintah juga membayar biaya kontrak rumah sebesar Rp 450.000 setiap bulan untuk pengungsi dan uang kontrak itu oleh pemerintah dibayar satu tahun sekaligus.

Radius 10 meter

Tentang lokasi bencana, Shaleh menjelaskan, saat ini petugas Direktorat Jenderal Tata Ruang Departemen Pekerjaan Umum masih meneliti dan mengkaji ulang apakah lokasi bencana itu masih layak menjadi kawasan permukiman. Pemerintah akan membangun jalur hijau dan taman kota di bantaran sungai 10 meter di kanan dan 10 meter di kiri. ”Tidak boleh lagi ada bangunan dalam radius yang sudah ditetapkan,” kata Shaleh.

Masyarakat yang harus direlokasi itulah yang ditawari menghuni rusunawa yang akan dibangun pemerintah. Demikian pula para korban bencana Situ Gintung lainnya. Shaleh yang masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Banten ini juga menambahkan, dalam waktu dekat Situ Gintung difungsikan kembali seperti semula.

Situ peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini bermanfaat sebagai cadangan air bagi warga sekitar pada saat musim kemarau. Selain itu, situ ini juga berfungsi sebagai tempat parkir air saat musim hujan sehingga mengurangi risiko banjir di daerah selatan Jakarta. KSP

Kompas.com, 27 April 2009

Satu Tanggapan to “Rusunawa Dibangun di Serua”

  1. Oke…ship..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: