Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pemprov Banten Proses Penataan Tata Ruang Situ Gintung

Posted by kinclonk pada 22 April 2009

TANGERANG–MI: Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan Situ Gintung di Cireundeu, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, yang jebol pada 27 Maret 2009, saat ini sedang dalam proses penataan tata ruang wilayah serta inventarisasi seluruh data.

“Pemerintah Provinsi Banten bekerja sama dengan pemerintah pusat di bawah koordinasi Dirjen Penataan Ruang Departemen Pekerjaan Umum, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, sedang membahas penataan tata ruang setelah situ tersebut jebol,” kata Gubernur seusai memantau Ujian Nasional (UN) di sejumlah sekolah di Kota Tangerang Selatan, Selasa (21/4).

Menurut Gubernur, pihaknya belum mengizinkan warga yang terkena musibah yang menyebabkan rumah mereka rusak, untuk membangun kembali di sekitar bantaran Situ Gintung, karena gambar awal yang ada perlu disinkronkan dan koordinasikan dengan instansi terkait.

“Jadi saat ini kami sedang melakukan  perencanaan, penataan, dan inventarisasi seluruh data yang ada,” kata Gubernur.

Mengenai kesimpulan akhir tentang boleh tidaknya pembangunan di sekitar Situ Gintung, ia mengatakan masih menunggu keputusan Dirjen Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum.

Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu dan belum ada kepastian final apakah lahan seluas 21 hektare akan difungsikan kembali sebagai situ atau akan diperkecil.

Tetapi berbagai pihak menginginkan luas situ diperkecil dengan tetap mempertahankan fungsinya  sebagai tempat serapan air dan objek wisata untuk menjaga stabilitas permukaan tanah.

Jika pembangunan di sekitar situ tidak diizinkan lagi, pemerintah Kota Tangerang Selatan telah merencanakan relokasi warga yang dulu tinggal di bantaran Situ Gintung, kata Gubernur. Gubernur mengatakan Pemerintah Provinsi Banten akan menghormati keputusan dari hasil koordinasi dan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dan kabupaten/kota dalam penataan, dan akan berpedoman pada azas keamanan dan manfaat Situ Gintung ke depan.

Situ Gintung Jebol pada 27 Maret 2009 hingga menyebabkan 100 orang meninggal dan 100 orang lainnya hilang. (Ant/OL-03)

Mediaindonesia.com, 21 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: