Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Komisi V : Usut dan Bongkar Bangunan Liar di Situ Gintung

Posted by kinclonk pada 22 April 2009

CIPUTAT- Komisi V DPR-RI meminta kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk membongkar pemukiman elit ilegal dan rumah semi permanen liar di sekitar Situ Gintung, Ciputat. Ironisnya, bangunan yang berdiri diatas lahan negara tersebut banyak yang memiliki sertifikat.

“Pemerintah daerah setempat harus mengecek kembali keberadaan surat rumah tersebut. Kalau ada rumah yang melanggar segera ditertibkan dan fungsi danau itu harus dikembalikan,”beber Ketua Komisi V DPR-RI Ahmad Muqowam ketika meninjau Situ Gintung, Rabu, (22/4).

Muqowam mengaku, awalnya luas Situ Gintung 31 hektar kini tinggal 21 hektar. Praktis sekitar 10 hektar lahan yang beralih fungsi dari awal. Guna menemukan pihak yang bertanggung jawab, harus dirunut kebelakang soal riwayat tanah. Berdasarkan Perpres nomor 65 tahun 2006 tentang pembebasan lahan untuk kepentingan umum, penggunaan tanah harus harus diketahui.

“Pemanfaatan harus sesuai dengan aturan hukum. Kalau ada yang harus bertanggung jawab, pelakunya harus dihukum berat. Namun saya tidak menuduh siapa yang salah dan kasus ini kita serahkan kepada pihak berwajib untuk mengurusnya,” ucapnya ketika ditanya siapa yang harus bertanggung jawab atas bencana yang telah menelan 100 korban jiwa.

Tidak hanya itu saja, ia juga menegaskan  hunian yang berdiri sekitar bantaran Situ Gintung pada awalnya merupakan tanah lapang yang diperuntukan untuk irigasi dan konservasi air. Namun seiring perjalan waktu, marak pemukiman komersial dan rumah semi permanen, apalagi ada pula rumah-rumah itu tidak memiliki sertifikat tanah yang sah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan ijin mendirikan bangunan (IMB) dari dinas terkait. (iin)

Tangerangonline, 22 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: