Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Waspadai Flu Singapura

Posted by kinclonk pada 17 April 2009

TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang meminta kepada seluruh puskesmas untuk mewaspadai penyebaran virus flu Singapura. Ini menyusul merebaknya pasien flu Singapura yang menjangkiti puluhan warga Depok, Jawa Barat, beberapa pekan terakhir ini.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2P dan PL) Dinkes Kabupaten Tangerang dr Yuli Soenar Dewanti mengatakan pihaknya telah mengirimkan edaran ke seluruh puskesmas untuk mewaspadai adanya pasien dengan gejala virus yang berasal dari Singapura itu. Karena jika terlambat, penyebaran virus ini sangat cepat dan sulit dikendalikan.

Saat ini, Kabupaten Tangerang pantas mewaspadai merebaknya penyakit itu karena virus ini sedang menyerang warga di daerah tetangga. Bahkan Dinkes mencatat, flu Singapura pernah menyerang 35 anak-anak warga Kabupaten Tangerang. Penyakit ini ditemukan pertama kali pada 2005 di kawasan perumahan elit BSD, Kecamatan Serpong.

Yully menyatakan, penyakit itu memang paling banyak menyerang warga di perumahan elit. Flu Singapura dibawa masuk oleh mereka yang baru saja berpergian atau berlibur dari luar negeri dan masuk ke Indonesia. Penyebaran flu Singapura lebih cenderung terjadi pada anak anak di bawah usai 10 tahun yang lebih sering berpergian ke luar negeri bersama orang tuanya. Alasannya, kekebalan tubuh si anak sangat rentan diserang penyakit yang disebabkan virus Coxsackie itu ketika berinteraksi dengan orang asing yang sudah tertular.
“Sebaiknya anak-anak jangan terlalu sering diajak berpergian keluar negeri. Kalaupun dipaksakan ingin berliburan saya minta orang tua untuk waspada akan penyebaran virus Flu Singapura ketika anaknya berinteraksi dengan orang asing,” jelas Yully.

Diingatkan, jika ada warga di satu wilayah yang suspect, petugas kesehatan dari puskesmas diminta langsung ke lokasi untuk memastikan dan melokalisirnya.
Penyakit Flu Singapura, lanjut Yully, memiliki masa inkubasi selama tujuh hari. Penyakit ini dengan cepat menular melalui udara, percikan air liur, bersentuhan langsung dengan penderita, dan lain sebagainya. Bahkan penyakit ini dapat menimbulkan kematian.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat jika mengalami gejala-gejala penyakit mirip Flu Singapura, maka segera periksa ke puskesmas terdekat untuk secepatnya diambil tindakan. Mengenai ciri-cirinya, tak jauh beda dengan flu biasa. Namun dalam kasus flu Singapura, si penderita mengalami sariawan, bibirnya pecah-pecah, lidah dan tenggorokannya meradang. Selain itu, pada kulit si penderita terdapat bercak lebar-lebar warna merah. (bha)

Radarbanten.com, 17 April 2009

Satu Tanggapan to “Waspadai Flu Singapura”

  1. Sato-san said

    Waspada ya waspada akan tetapi itu tuh pemeriksaan pesawat dari S:pore yang malam2 tidak diperiksa, bagaimana pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: