Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Terancam Jebol, Enam Situ di Tangerang Dalam Pengawasan

Posted by kinclonk pada 16 April 2009

TEMPO Interaktif, Tangerang:Kepala Sumber Daya Air Cidasane-Cidurian Provinsi Banten Djoko Suryanto mengatakan saat ini pihaknya tengah mengawasi dan melakukan pengecekan secara berkala terhadap tanggul enam situ yang ada di Kota dan Kabupaten Tangerang. Pengawasan dan pengecekan dilakukan karena kondisi tanggul situ buatan tersebut diindikasikan terancam jebol.” Mulai hari ini kami berkeliling mengecek satu persatu,” ujarnya kepada Tempo, Rabu (15/4).

Djoko menyebutkan, enam Situ tersebut adalah Situ Cipondoh di Kota Tangerang, Situ Pamulang, Ciledug, Parigi, Patrasana, dan Garugak yang berada di Kabupaten Tangerang. ”Pengecekan meliputi tanggul dan pendangkalan,” katanya.

Menurut Djoko, untuk skala prioritas mereka tengah mencurahkan perhatian pada tanggul Situ Pamulang yang dikeluhkan warga sekitar sudah terjadi kebocoran dan retak-retak. Agar bencana Situ Gintung tidak terulang lagi, katanya, timnya kini tengah meneliti dan menginventarisir kerusakan tanggul.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Banten rutin melakukan perawatan terhadap Situ-situ tersebut meski dengan anggaran yang terbatas. Menurut dia, pengelolaan situ sepenuhnya ditangani oleh Balai Besar Ciliwung Cisadane yang diatur dalam Undang-undang No 107 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

JONIANSYAH

Tempointeraktif.com, 15 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: