Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Dinkes Tangerang Temukan Empat Kasus Flu Singapura

Posted by kinclonk pada 16 April 2009

SERPONG- Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menemukan empat orang anak di wilayah Tangerang terjangkit virus flu Singapura. Disinyalir, virus itu menjangkit ketika anak-anak itu berada di luar negeri.

Kabid Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Yully S Dewanti menyatakan, penyebaran flu Singapura lebih cenderung menyenangi anak dibawah usai 10 tahun yang lebih sering bepergian ke luar negeri bersama orang tuanya.

Alasannya, kekebalan tubuh si anak sangat rentak dirasuki virus Coxsackie atau penyakit flu Singapura ketika berinteraksi dengan orang asing yang sudah tertular.
“Sebaiknya anak-anak jangan terlalu sering diajak bepergian keluar negeri. Kalaupun dipaksakan ingin berliburan saya minta orang tua untuk waspada akan penyebaran virus flu Singapura ketika anaknya berinteraksi dengan orang asing,” jelas dr Yully.

Menurut dr Yully, data yang dikeluarkan Dinkes Kabupaten pada tahun 2008 ditemukan 4 kasus flu Singapura yang terjadi di Kabupaten Tangerang. Untuk tahun ini, belum diketahui secara pasti warga yang terkena penyakit flu Singapura. Kata dr Yully, Penyebaran itu terjadi melalui kontak fisik dari seseorang kepada orang lain, dan virus Coxsaskie (flu Singapura) ditularkan melalui pilek, air liur, batuk, tinja, dari seseorang yang menderita kepada korban baru.”Pada tahun lalu, 4 kasus ditemukan. Setelah terserang mereka umumnya merasakan demam tinggi,”jelas dr Yully.

Hal senada juga diutarakan Kepala Puskesmas Setu, dr Dahlia Nadeak. Diungkapkan Dahlia, meski belum ditemukan kasus flu Singapura di Setu. Namun, pihaknya akan mewaspai kasus tersebut, karena di wilayah Serpong kasus flu Singapura pernah terjadi.”Tahun lalu, terdapat seorang anak orang kaya di Melati Mas terjangkik flu Singapura. Penyakit ini lebih cenderung mewabah dikalangan atas, untuk kalangan menengah tidak harus kuatir,” beber dr Dahlia. (iin)

Tangerangonline.com, 15 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: