Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Tanggul Keropos, Longsor Ancam Dua Perumahan Elit

Posted by kinclonk pada 14 April 2009

PAMULANG- Ribuan warga penhuni perumahan Villa Pamulang, Kecamatan Setu dan Permata Pamulang, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, dihantui terjangan longsor dengan ketinggian tanah 15 meter. Masyarakat berharap pemerintah setempat segera memperbaikan tanggul sebelum bencana itu terjadi bak jebolnya tanggul Situ Gintung.

Perumahan Villa Pamulang yang berdiri dilahan datar dibawah tanah tebing dibawah ketinggian 15 meter dari perumahan Pertama Pamulang yang berdiri diatas tebing tersebut. Kedua perumahan dibatasi oleh kali Angke yang dibatasi tanggul yang terlihat nyaris roboh, meski pemerintah daerah telah dilakukan pembangunan tanggul pada tahun 2007 lalu.

“Kekuatan tanggul beton penahan itu tidak sekuat seperti dulu ketika dibangun 2007. Kalau terus-terusan hujan turun bisa saja tanah itu longsor dan mengancam ribuan rumah warga Villa Pamulang yang berada di bawah perumahan Permata Pamulang,” ungkap warga Yuni Patinjun (46) warga Perumahan Permata Pamulang Blok G 13 Rt 4/3, Setu, Kota Tangsel.

Bahkan, sambung Yuni, kalaupun longsor terjadi rumahnya yang berjarak 2 meter dari bibir tebing menjulang tersebut bakal ikutan terbawa arus longsor.”Pada tahun 2008, pos jaga didekat rumah saja hancur dilumat longsor, sebagian bangunan rumah tetangga saya retak. Kami takut bila hujan kembali terjadi, ancaman longsor pasti mengancam. Warga disini berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul penahan itu kembali,” ungkap Yuni kepada Tangerang Online.

Terkait rawan longsor didua perumahan tersebut, Kasi Pembangunan Kecamatan Pamulang Cecep Supardi mengaku sudah membicarakan persoalan tersebut kepada pihak Kecamatan Setu, termasuk mengirim surat untuk melakukan pemantauan dan perbaikan.”Kita sudah melaporkan kepada pimpinan. Segera mungkin kita akan melakukan tindakan, karena sekitar 5.000 warga perumahan yang menempati rumah di perumahan tersebut,” ucap Cecep.(iin)

Tangerangonline.com, 14 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: