Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Walhi Kecewa, Laporan Pidana Situ Gintung Ditolak

Posted by kinclonk pada 8 April 2009

JAKARTA, KOMPAS.com — Laporan tim advokasi Situ Gintung, terkait jebolnya waduk di Tangerang, ditolak Bareskrim Mabes Polri. Tim hanya mendapat stempel pada surat laporan, sebagai surat tanda terima, tanpa nama penerima.

Juru Kampanye Air dan Pangan Walhi Nasional sekaligus anggota tim, Erwin Usman, mengaku tidak mendapatkan nomor laporan. “Ya ditolak secara tidak profesional karena kalau diterima, kami pasti dapat nomor laporan,” ujarnya kepada wartawan seusai menyerahkan laporan ke Bareskrim Mabes Polri, Selasa (7/4).

Dia juga mengaku kecewa dengan perlakuan petugas satuan pelayanan masyarakat. Menurut dia, petugas mempersulit tim saat memberikan laporan. Pertama, lanjut Erwin, petugas meminta tim untuk membuat laporan tertulis.

“Padahal, itu kan tugas dia. Itu diatur dalam pasal 881 KUHAP. Tapi kita tetap ketik di laptop. Saat mau ngeprint, mereka beralasan tinta empat printer dan kertasnya habis. Lalu, kami berinisiatif untuk menulis. Setelah diserahkan, kok kami dimarahi, kenapa ditulis,” tutur Direktur LBH Jakarta Asfinawati.

Menurut dia, petugas juga beralasan, kasus Situ Gintung telah ditangani oleh Polda Metro Jaya. Oleh karena itu, tim diminta membuat surat ke Kapolri dan Kabareskrim Polri. Padahal, kata dia, kasus Situ Gintung yang ditangani Polda Metro Jaya adalah tindak pidana korupsinya.

Padahal, Mabes Polri telah mengeluarkan program Quick Win untuk memperbaiki pelayanan dan citra serse di masyarakat. Quick Win memungkinkan masyarakat mengecek perkembangan kasus melalui pesan singkat dengan memasukkan nomor laporan.

BOB

Kompas.com, 7 April 2009

Satu Tanggapan to “Walhi Kecewa, Laporan Pidana Situ Gintung Ditolak”

  1. Setelah kejadian kini dicari pihak-pihak yang harus bertanggung jawab / dipersalahkan. Prinsipnya Saya sangat setuju. WALHI sebaiknya JANGAN KEPINGIN MENJADI PAHLAWAN KESIANGAN Di ATAS PENDERITAAN KORBAN SITU GINTUNG. Jangan mengatasnamakan sebagai tim advokasi. Seharusnya kita dan ANDA juga IKUT BERTANGGUNG JAWAB. Jika memang berdasarkan pantauan Anda terhadap situ-situ yang ada di JABODETABEK kondisinya SANGAT MEMPRIHATINKAN termasuk KONDISI SITU GINTUNG (sebelum kejadian) dan Jika memang telah anda laporkan ke pihak terkait. SEHARUSNYA LAPORAN itu DIMONITOR juga dong oleh Anda. JANGAN HANYA BISA MENYALAHKAN SAJA. Yang dibutuhkan saat ini oleh saudara-saudara kita korban situ gintung ” UANG ” dan ” TEMPAT TINGGAL YANG LAYAK “.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: