Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pencarian Korban Tetap Dilanjutkan

Posted by kinclonk pada 7 April 2009

CIPUTAT TIMUR – Pangdam Jaya Mayjen TNI Darpito Pujiasuncuro mengatakan, proses pencarian korban tragedi Situ Gitung yang masih hilang tetap dilanjutkan hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Sejauh ini, 14 korban maish dinyatakan hilang.
Namun, teknik pencarian korban diperbaharui. Jika sebelumnya dilakukan di puing-puing rumah korban, kini pencarian difokuskan dengan melakukan penyisiran di sepanjang Kali Pasanggrahan. “Prajurit kami siap sampai kapan pun dan siap bekerja menjalankan tugas,” jelas Darpito, ketika ditemui di lokasi pengsungsian sementara di Wisma Kertamukti, Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Senin (6/4).

Dijelaskan, dalam proses pencarian ini pun sejumlah personel yang diterjunkan dari TNI dikurangi. Personel TNI yang diterjunkan dalam proses evakuasi itu hanya satuan setingkat regu (SSR) yang berjumlah 12 orang. Sedangkan sebagian personel TNI lainnya ditarik untuk membangun barak-barak pengungsian di Kertamukti.
“Karena skala prioritas saat ini yang perlu diperhatikan adalah menyelamatkan kelangsungan hidup korban yang selamat. Mereka secara fisik dan psikis perlu perhatian,” terangnya.

Dalam kesempatan itu ia mengharapkan kerjasama masyarakat dalam memberikan informasi penemuan korban yang hilang. “Kita harapkan adanya kerja sama masyarakat. Karena informasi sekecil apapun dapat membantu kami dalam proses pencarian,” paparnya.
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Djadja Budi Suhardja mengatakan, sebagai upaya membantu para korban musibah jebolnya tanggul di Situ Gintung, pihaknya juga mengerahkan sedikitnya 12 dokter dan 16 perawat hingga tiga bulan ke depan.
“Mereka akan bertugas di lokasi pengungsian sementara di Wisma Kertamukti untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi korban pengungsian,” jelasnya.
Selain itu, pihaknya juga menyiakpakan satu unit mobil ambulans dan berkoordinasi dengan tiga rumah sakit di wilayah Tangerang Selatan maupun Kota/Kabupaten Tangerang agar secara menyeluruh membantu para korban. ”Para korban tidak dipungut biaya apapun,” terangnya. (ang)

Radarbanten.com, 7 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: