Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Santunan Rp 5 Juta Dibagikan Hari Ini

Posted by kinclonk pada 6 April 2009

SERANG, KOMPAS.com — Santunan sebesar Rp 5 juta dari Pemerintah Provinsi Banten untuk korban bencana Situ Gintung akan dibagikan pada Senin (6/4) ini. Santunan yang berasal dari dana tak terduga APBD Banten tahun 2009 itu akan dibagikan kepada 295 keluarga.

Rencana pembagian santunan itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banten yang juga Sekretaris Satkorlak Penanggulangan Bencana Suroto, Minggu siang kemarin. ”Santunan dari dana TT (tak terduga) itu akan dibagikan oleh Gubernur hari Senin besok,” katanya.

Sesuai dengan hasil pendataan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, terdapat 295 keluarga di Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, yang berhak memperoleh santunan. Setiap keluarga akan menerima santunan bencana sebesar Rp 5 juta.

Total dana santunan sebesar Rp 1,475 miliar itu diambil dari pos anggaran belanja dana tak terduga APBD 2009. Santunan itu diberikan di luar dana bantuan perbaikan rumah dari pemerintah pusat.

Menurut Asisten Daerah I Pemerintah Provinsi Banten Syafrudin Ismail, pencairan dana tak terduga untuk membantu korban bencana Situ Gintung itu sudah disetujui Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. ”SK (surat keputusan) pencairannya sudah diserahkan ke Biro Hukum. Dananya juga sudah siap untuk dicairkan,” tuturnya.

Awalnya, kata Syafrudin, santunan itu akan diberikan pekan lalu. Namun, karena data korban bencana belum lengkap, pemberian santunan terpaksa ditunda sampai Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberikan laporan pasti mengenai jumlah korban bencana.

Selain santunan, para korban bencana itu akan diberikan bantuan perbaikan rumah dari pemerintah pusat maksimal sebesar Rp 30 juta. Saat ini Pemerintah Kota Tangerang Selatan masih mendata tingkat kerusakan rumah warga.

Pengungsi mulai pindah

Dari wilayah petaka Situ Gintung dilaporkan, sebanyak 29 keluarga yang semula mengungsi di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Minggu sore, mulai pindah ke Wisma Kertamukti di Ciputat, Tangerang Selatan. Para pengungsi berasal dari Kampung Gintung dan Kampung Poncol, Kelurahan Cirendeu. Pengungsi yang merupakan korban jebolnya tanggul Situ Gintung itu akan menempati tempat hunian sementara sampai Juli 2009.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan Nanang Komara semalam menyatakan, sebanyak 24 keluarga lainnya akan menyusul secepatnya. Ia memastikan para korban petaka Situ Gintung tak akan menghuni 22 tenda di lapangan Wisma Kertamukti.

”Tenda yang sudah dibangun itu hanya untuk menampung para sukarelawan yang membantu pengungsi. Mereka akan beristirahat di sana,” ujar Nanang.

Tentang kondisi tempat penampungan sementara pengungsi di Wisma Kertamukti, Nanang memastikan cukup untuk menampung 24 keluarga yang akan menyusul. Saat ini pemerintah masih membangun barak-barak baru di wisma tersebut untuk menampung pengungsi yang masih tersisa.

Wisma Kertamukti terletak di samping Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Ciputat. Departemen Pekerjaan Umum dibantu anggota TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam Jakarta Jaya sudah menyiapkan barak berikut fasilitas pendukung, seperti kamar mandi dan WC, dapur, air bersih, serta jaringan listrik yang mencukupi kebutuhan para pengungsi.

Perihal kabar bahwa Wali Kota Tangerang Selatan M Shaleh akan mengontrakkan rumah bagi 107 keluarga pengungsi Situ Gintung, Nanang memberikan klarifikasi, ”Saya baru saja menelepon Pak Wali Kota. Yang benar, warga meminta Pak Wali Kota untuk dikontrakkan rumah. Minggu malam pukul 21.00 ini kami akan membahas berbagai persoalan, termasuk soal rumah kontrakan, dalam rapat evaluasi dengan posko-posko,” tutur Nanang. (NTA/TRI)

Kompas.com, 6 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: