Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Tenda dan Barak untuk Korban Situ Gintung Dibangun

Posted by kinclonk pada 3 April 2009

TANGERANG, KOMPAS.com — Palang Merah Indonesia Provinsi Banten sejak Rabu (1/4) pukul 22.00 mulai membangun 22 tenda, sementara Perum Perumnas mulai membangun dua blok barak di Lapangan Wisma Kerta Mukti, Tangerang Selatan, Kamis (2/4) pagi.

Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah dan Gubernur Provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah hadir meninjau. Atut mengatakan, wisma dan dua blok barak hanya mampu menampung 60 keluarga. Sebanyak 12 keluarga akan ditampung di wisma, sedangkan masing-masing 24 keluarga akan ditampung di dua blok barak.

Untuk mengatasi kekurangan tempat, Atut lewat camat setempat akan menyewa lahan kosong seorang warga. Di lahan tersebut akan segera dibangun barak. Nur Warta, Koordinator Shelter Wisma Kerta Mukti dari PMI Banten, menjelaskan, pengungsi akan mulai tinggal sementara di tenda-tenda pada Sabtu atau Minggu.

Menurut dia, pihaknya rencananya akan didirikan 30 tenda. Namun, karena lahan tidak cukup, ia dan ke-20 anggotanya hanya mendirikan 28 tenda di dua blok. Satu tenda akan dihuni dua keluarga atau delapan orang. “Kami mulai bekerja pada Rabu pukul 22.00 dan berhenti pada Kamis pukul 00.30. Seusai istirahat kami kembali melanjutkan pendirian tenda sampai siang ini,” tuturnya.

Nur mengatakan, pengungsi tinggal di tenda sambil menunggu pembangunan barak dan renovasi ringan wisma selesai.

General Manager Regional Perum Perumnas Agus Hardjata membenarkan hal itu. “Setelah kedua barak selesai kami bangun, Minggu, pengungsi pindah ke barak dan wisma,” ujarnya.

Agus menjelaskan, satu barak akan dibagi menjadi 12 sekat. Setiap sekat dihuni satu keluarga. Ia mengatakan, pembangunan barak yang akan dilengkapi 30 peturasan ini adalah inisiatif keluarga besar Perum Perumnas sebagai bentuk kepedulian sosial mereka.

Pada bagian lain, Atut mengutip penjelasan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah akan memperkecil Situ Gintung dan membangun tanggul berkonstruksi beton. “Beliau mengatakan, Oktober 2009 pembangunan tanggul harus selesai,” ucapnya. (C. Windoro AT)

KOmpas.com, 2 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: