Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Blangko Kosong, Pembuatan KTP Terhenti

Posted by kinclonk pada 3 April 2009

TANGERANG – Sejak sebulan terakhir, pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) di sejumlah kecamatan terhenti.
Gara-garanya, kantor kecamatan telah kehabisan blangko kartu identitas penduduk itu. Belum disahkannya APBD 2009 oleh Gubernur Banten dituding menjadi penyebabnya.

Kondisi ini megakibatkan ribuan lembar permohonan perpanjangan dan pembuatan KTP baru menumpuk di beberapa kantor kecamatan. Salah satunya di Kantor Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.
“Lebih dari satu bulan kami tidak melayani pembuatan KTP. Blangko KTP kosong,” kata Ari Novi Purnama, Camat Pasar Kemis, Kamis (2/4).
Saat ini, kata Ari, Pemkab Tangerang belum mendistribusikan blangko KTP baru ke kantornya. Ari membenarkan penyebabnya adalah belum disahkannya APBD 2009 oleh Gubernur Banten. “Ya jelas,” katanya.

Hal serupa terjadi di Kecamatan Mauk dan Kosambi. Petugas di dua kecamatan itu terpaksa menunda permohonan warga untuk memiliki KTP hingga waktu yang tidak ditentukan.
Toha (24), warga Kelurahan Kutabaru Kecamatan Pasar Kemis mengaku amat dirugikan dengan habisnya blanko KTP ini. Sebab, niatnya untuk mengurus keperluan melamar pekerjaan terhambat karena KTP yang dia miliki mati dan tak bisa diperpanjang.
Warga Desa Kosambi Timur, Kecamatan Kosambi juga mengeluhkan soal sulitnya memperoleh KTP secara cepat. Kepala Desa Kosambi Timur Hasan Nudin hampir setiap hari ditanya warganya. “Warga mengira, desa mempersulit pembuatan KTP. Padahal, blangko di kecamatan yang habis,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Kabupaten Tangerang Jackie Harahap mengaku heran bila blangko KTP sampai kehabisan. Menurutnya, alasan belum disahkannya APBD 2009 oleh Gubernur Banten merupakan alasan yang tidak tepat. Sebab, kata Jackie, jika blangko KTP habis, tendernya bisa dilakukan tanpa harus menunggu pengesahan APBD.
“Saya kira ini karena perencanaannya yang nggak benar. Tender blangko KTP kan bisa dilakukan tanpa menunggu APBD. Tinggal bagaimana kerja pimpronya saja,” kata Jackie. (bha)

Radarbanten.com, 3 April 2009

2 Tanggapan to “Blangko Kosong, Pembuatan KTP Terhenti”

  1. Satochid said

    Kayaknya sih udah ada formulirnya diweb sitenamum formatnya ngak bener, bila diprint garisnya belak-belok.

  2. Satochid Sosrodiredjo said

    Berpijak pada peraturan pemerintah yang baru bahwa KTP Nasional ditargetkan akan selesai pada tahun 2011 dirasa perlu baik oleh Kabupaten dan Kecamatan maupun Kelurahan sudah harus meletakkan garis-garis kebijakan untuk membantu masyarakat dalam pembuatan/pengurusan KTP Nasional tersebut dan jangan sampai warga yang harus melakukan sendiri. Jangan diharapkan warga melakukannya hal ini disebabkan oleh berlakunya KTP tersebut bervariasi dan masih lama habis masa berlakunya.
    mengingat nahwa:
    1. DPT yang masih menuai masalah di pemilu tingkat nasional,
    2. Jumlah daftar pemilih Prof Banten yang diperkirakan lebih dari 6,5 juta
    3. Belum adanya sosialisadi ketingkat RT / RW
    4. Belum adanya pendataan ulang yang lebih terintegrasi selaindata tahun 2007 yang diperkirakan masih ada kekeliruan
    5. Warga yang mempunyai KTP Nasional diperkirakan berjumlah relatif masih sedikit dan yang masih memegang KTP model lama cukup banyak
    5 Waktu dua tahun adalah waktu yang relatif pendek maka :
    Kiranya dapat didata kembali warga yang belum mempunyai KTP nasional langsung dibuatkan oleh pemerintah daerah secara berjenjang pasti target pembuatan KTP Nasional tersebut akan dapat selesai sesuai jadual.
    Kami khawatir apabila melihat catatan data yang ada dimasing-masing kelurahan dan kecamatan, maaf apabila masih tidak tersusun rapi akan menjadikan kendala dikemudian hari.
    Semoga menjadikan bahan adanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: