Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Atut Heran, Warga Tak Miliki IMB Kok Diminta Bayar Pajak

Posted by kinclonk pada 3 April 2009

CIPUTAT- Sebelum musibah jebolnya Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan, Jum’at dini hari, terjadi. Masyarakat penghuni pemukiman padat dibalik bendungan itu diminta membayar pajak bangunan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Anehnya, sebagian besar warga Situ Gintung tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Saya heran kok bisa seperti itu, tidak memiliki IMB tetapi diharuskan membayar pajak kepada pemda setempat,” jelas Gubernur Banten Hj Atut Chosiyah, ketika dimintai keterangan oleh wartawan terkait kewajiban warga Situ Gintung yang tidak memiliki IMB diharuskan membayar pajak bangunan kepada Pemkab.

Menurut Atut persoalan pelik ini dicurigai ada yang tidak beres dalam pengelolaan yang dilakukan dinas setempat, dalam hal ini Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Kabupaten Tangerang, terkait pendataan terhadap surat-surat kepemilikan rumah warga. Kendati demikian, Atut engan menyalahkan instansi pemerintahan dibawahnya itu.

“Hal ini terjadi karena dahulu ketika Banten masih dalam satu propinsi dengan Jawa Barat, pengurusan IMB tidak begitu ketat akhirnya keterusan sampai saat ini,” ucapnya.

Karena itu, Pempov Banten bersama Pemkot Tangsel akan mengambil alih perencanaan kedepan Situ Gintunng. Caranya dengan melakukan penanganan jangka panjang Situ Gintung dan masyarakat yang tinggal di bibir sungai sekitar situ harus diungsikan.”Kita tidak ingin kondisi yang sebelumnya terjadi harus kembali terulang. Pembenahan Situ Gintung harus dilakukan sedini mungkin agar tatanan baik itu Situ dan pemukiman penduduk yang harus menjauh 25 meter dari bibir situ,” aku Gubernur Banten. (iin)

Tangerangonline.com, 3 April 2009

Satu Tanggapan to “Atut Heran, Warga Tak Miliki IMB Kok Diminta Bayar Pajak”

  1. satochid said

    Kalo gitu ya pajak tanah dong bu gub! trus diusut ngak ada imb kok bisa bangun rumah/ rantor?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: