Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Masa Tanggap Darurat Dua Minggu

Posted by kinclonk pada 2 April 2009

JAKARTA–MI: Pemerintah tetapkan masa tanggap darurat evakuasi dan pembersihan puing-puing akibat jebolnya tanggul Situ Gintung selama 2 minggu yang terhitung dari awal terjadinya jebolnya tanggul, yakni pada Jumat (27/3), dini hari lalu.

“Usai masa tanggap darurat, baru masuk masa rehabilitasi. Disini proses penentuan tata ruang dan perhitungan kerusakan baru bisa kita lakukan,” ujar Kepala BNPB Syamsul Maarif usai rapat kerja lanjutan menindaklanjuti instruksi wakil presiden terhadap bencana Situ Gintung di Jakarta, Rabu (1/4).

Lebih jauh Syamsyul menambahkan, bantuan bagi keluarga yang rumahnya hancur bakal tetap dikucurkan. Namun dia menggarisbawahi, pemberian bantuan tidak mungkin dapat diberikan jika penentuan tata ruang dan perkiraan kerusakan serta pembangunan kembali tanggul belum selesai.

Diprediksi, paling cepat seluruh proses itu tuntas pada Oktober 2009. Pencairan bantuan bagi rumah warga, termasuk pembangunan kembali infrastruktur milik pemerintah pusat dan daerah yang rusak juga harus menunggu tuntasnya proses verifikasi yang dilakukan Tim yang terdiri dari BNPB, Departemen PU, Depsos, Menko Kesra, Depkes, Diknas, Pemda.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, rumah dengan kondisi rusak berat lantaran bencana alam mendapat bantuan maksimal dari pemerintah sebesar Rp30 juta, rusak sedang, bantuan maksimal Rp15 juta dan rusak ringan mendapat Rp5 juta.

Sekda Prov Banten Ir.H. Muhadi, menambahkan, Prov. Banten bakal memberikan bantuan bagi keluarga yang mendapat musibah, masing-masing Rp5 juta. Dana tersebut, bersumber dari anggaran budget tidak terduga yang ada di APBD. Pemprov, tambah Muhadi, juga akan membantu memberikan penggantian surat-surat penting seperti ijasah, kartu identitas, surat tanah dan lainya yang hancur tersapu air dan lumpur. (Tlc/OL-02)

Mediaindonesia.com, 1 April 2009

Satu Tanggapan to “Masa Tanggap Darurat Dua Minggu”

  1. Sebaiknya LPPM UMJ ikut berperan aktif, membantu mendata korban-korban yang BERHAK MENDAPAT SANTUNAN, agar bantuan dari pemerintah betul betul diterima dengan utuh oleh korban bencana, Sebaiknya bantuan korban situ gintung yang berupa uang agar diberikan melalui Bank saja, maklum saja, jangan sampai ada pihak-pihak yang mengambil kesempatan di air keruh, Seperti Korban Lapindo, pemberian ganti rugi ditransfer melalui bank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: