Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Korban Situ Gintung Mulai Alami Stres

Posted by kinclonk pada 2 April 2009

TEMPO Interaktif, Jakarta: Memasuki hari keenam setelah tragedi Situ Gintung, korban yang mengungsi mulai stres. Mereka sebagian masih tampak takut dan ada yang bingung kehilangan anggota keluarga. “Kategori kejiwaannya mulai ringan dan sedang,” ujar Heni Dwi Windari dari Tim Kesehatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Rabu (1/4).

Tim kesehatan jiwa, menurut Heni, melakukan empat metode observasi kepada lebih dari 500 pengungsi korban jebolnya tanggul situ di Cireundeu, Ciputat, Tangerang, Banten, itu. Pendekatan yang dilakukan diantaranya secara kognitif, fisioligis, perilaku, dan sosial.

Dari hasil pendekatan tersebut, kata Heni, banyak pengungsi yang secara kejiwaan terganggu dalam kategori ringan dan sedang. Kategori ringan, ia menjelaskan, sudah mulai ada gangguan fisioligis namun konsentrasi masih bagus. Pada tahap ini korban dibiarkan mengeksplorasi semua yang dia inginkan.

Untuk kategori sedang, ia melanjutkan, para pengungsi sudah mulai banyak mengeluh akan kehilangan anggota keluarganya, harta bendanya serta konsentrasi sudah mulai tidak bagus. “Jika respons mereka sudah tidak bagus, misalnya diajak bicara diam saja, itu sudah masuk kategori berat,” katanya.

Wahyu Ekowati, anggota tim kesehatan jiwa lainnya mengatakan, secara kejiwaan para pengungsi akan lebih parah dalam 10 hari ke depan. “Sekarang mereka memang sedang masa hanimun, banyak yang memperhatikan, bantuan berlimpah, tapi ketika mereka sudah sendiri trauma yang lebih berat akan datang,” katanya.

Trauma dan guncangan yang lebih hebat lagi akan dialami oleh korban yang kehilangan anggota keluarganya. “Butuh penanganan jangka panjang,” kata Wahyu. Tim belum bisa mengelompokkan berapa banyak para pengungsi yang kejiwaanya terganggu dengan kategori ringan dan sedang tersebut.

JONIANSYAH

Tempointeraktif.com, 1 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: