Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Trauma Serang Anak Korban Situ Gintung

Posted by kinclonk pada 31 Maret 2009

TANGSEL -– Anak-anak korban bencana Situ Gintung, yang kini berada di lokasi penampungan sementara mulai mengalami gejala trauma. Banyak diantara mereka yang mengalami kesulitan tidur dan ketakutan saat melihat hujan turun.

Kesedihan anak korban bencana ini terlihat saat menyaksikan siaran ulang peristiwa memilukan jebolnya tanggul Situ Gintung di televisi. “Nggak mau liat televisi. Serem,” ujar Balqis Karana Azkah (7) di lokasi penampungan FK Hukum UMJ, kemarin.

Kondisi yang sama dialami, Devi (9) pelajar SD Pondok Pinang, Lebak Bulus ii. Dia mengaku rasa takut mulai terasa sejak awal kejadian. Setiap hujan turun terasa seperti ada banjir datang. “Takut banjir itu datang lagi. Rumah Devi hancur. Air masuk dari atap rumah,” tuturnya.

Devi mengatakan tak ada barang rumahnya yang dapat diselamatkan. Semua barang hancur termasuk rumahnya di RT 4/8, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan. Beruntung kedua orang tua dan seorang kakaknya berhasil lolos dari maut.

Sementara itu, Ketua Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi menegaskan, perlunya pembentukan crisis center di lokasi bencana. Lembaga tersebut dapat memberikan pemulihan psikologis bagi korban bencana. Terutama anak-anak dan remaja.

Trauma bencana, menurut dia, butuh mekanisme perbaikan mental yang baik. Karena kondisi bencana dapat memicu mental yang buruk. Rasa takut yang berlebihan, putus asa dan tidak memiliki orientasi bakal menjadi citra diri dari korban bencana. c89/fif

Republika.co.id, 31 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: