Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Korban Situ Gintung Bisa Ajukan Class Action

Posted by kinclonk pada 30 Maret 2009

TEMPO Interaktif, Surabaya:Sebagai bentuk pembelajaran hukum terhadap kasus Situ Gintung, korban memiliki hak untuk mengajukan class action atas kerugian yang dialami. “Situ Gintung telah membuat masyarakat mengalami banyak kerugian, mereka harusnya melakukan class action atas kasus ini,” kata Pengamat Lingkungan dari Universitas Airlangga Surabaya, Suparto Wijoyo, Senin (30/3).

Menurut dia, Gugatan tersebut bisa diajukan kepada pengelola Situ Gintung dalam hal ini adalah pemerintah setempat dan Kementerian Pekerjaan Umum yang telah gagal melakukan pengelolaan situ demi keselamatan manusia dan kelestarian lingkungan.

Tak hanya masyarakat sekitar, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lingkungan secara yuridis ekologis juga memiliki legal standing untuk mengajukan gugatan serupa atas nama lingkungan Situ Gintung yang tidak terlindungi.

Gugatan ini, menurut Suparto bisa dibenarkan atas dasar Undang-undang Pengelolaan Lingkungan, UU Sumber Daya Air, UU Konservasi serta UU Penataan Ruang. “Meski terasa sangat berat dan pasti melelahkan, namun UU memberikan jalan hukum bagi korban maupun LSM untuk mengajukan gugatan,” tegasnya.

ROHMAN TAUFIQ

Tempointeraktif.com, 30 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: