Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Korban Situ Gintung Bebas Biaya Perawatan

Posted by kinclonk pada 30 Maret 2009

JAKARTA — Hingga Senin siang (30/3) dari Instalasi Forensik dan Perawatan Jenazah (IFPJ) Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan dilaporkan jumlah korban Tragedi Situ Gintung belum bertambah.
“Saat ini tinggal dua korban yang belum teridentifikasi,” ujar Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigjenpol Eddy Saparwoko dalam kunjungannya ke IFPJ RSUP Fatmawati, Senin siang.

Sementara itu, Ronny Bintarsih, Staf Humas RSUP Fatmawati, menjelaskan pihak Fatmawati membebaskan biaya perawatan jenazah atau pun rawat inap korban. Berdasar surat edaran per 28 Maret 2009, Kepala Pusat RSUP Fatmawati, Chairul Radjab Nasution, membebaskan biaya bagi semua korban tragedi Situ Gintung

Laporan terakhir menyebutkan korban yang berhasil ditemukan berjumlah 99 orang. Sedangkan seratus orang dilaporkan masih hilang. Dua jenazah yang belum masing-masing perempuan muda berusia 20-30 tahun dan anak perempuan berusia 2-5 tahun.

Eddy menuturkan saat ini proses identifikasi pascakematian (postmortem) telah dilakukan. “Sidik jari, gigi, dan DNA korban sudah diambil,” paparnya. Kini, pihak Disaster Victim Identification (DVI) dari Pusdokkes Polri tinggal menunggu data prakematian (antemortem) dari pihak-pihak yang merasa kehilangan. Kini, data pembanding korban dibutuhkan dalam identifikasi.

Eddy menjelaskan setiap korban yang berhasil ditemukan akan diambil data primernya. Data primer ini, lanjut Eddy, berupa data sidik jari, gigi, dan DNA. Eddy membenarkan bahwa kemungkinan kondisi ratusan korban yang masih hilang ditemukan dalam keadaan rusak. Sidik jari korban pun kemungkinan sudah rusak. Oleh karenanya, Eddy menjamin data DNA setiap korban akan diambil. “Sehingga, meski sudah dimakamkan, kita punya datanya,” jelasnya. -c87/ahi

Republika.co.id, 30 maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: