Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Wapres Gelar Rapat di Lokasi Bencana

Posted by kinclonk pada 27 Maret 2009

Wakil Presiden M Jusuf Kalla, memimpin langsung rapat koordinasi terbatas (rakortas) yang dihadiri Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, untuk membahas jebolnya tanggul Situ Gintung, di Cirendeu, Ciputat, Tangerang.

Rakostas dilakukan di sebuah rumah makan Situ Gintung, tepat di samping tanggul yang jebol di Situ Gintung Ciputat, Jumat (27/3). Dalam rakor tersebut Wapres terlihat serius dan beberapa kali melakukan kontak telepon dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain rapat terbatas Wapres akan melakukan sholat Jumat dan sekaligus menunggu kehadiran Presiden Yudhoyono, yang direncanakan akan datang ke lokasi menggunakan helikopter langsung dari Bandung.

Sementara saat meninjau lokasi Wapres mendapatkan penjelasan dari Kepala Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane, Pitoyo. Menurut Pitoyo luas Situ Gintung saat ini 21 ha. Dan mampu menampung 21 juta kubik air.
“Namun karena hujan yang sangat deras, air akhirnya tumpah dan menggerus tanggul sehingga jebol,” kata Pitoyo. Menurut Pitoyo, situ ini dibangun sejak jaman Belanda dan baru kali ini jebol.

Sementara, saat berada di Cikampek, Jawa Barat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah dan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari untuk membantu korban banjir akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Cirendeu.

“Saya minta Mensos dan Menkes untuk melakukan apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk membantu para korban banjir itu,” kata Presiden kepada wartawan di Jalan Tol Cikampek Jakarta, Km 62, dalam perjalanan dari Bandung.

Yudhoyono sebenarnya sedang cuti untuk melakukan kampanye sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat namun karena ada musibah ini, Presiden menunda sementara kampanye tersebut dan akan segera mengunjungi lokasi banjir tersebut sebagai Kepala Negara.

Yudhoyono mengatakan pula ia telah berkomunikasi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko Kesra Aburizal Bakri, yang telah berada di lokasi kejadian.

“Saya telah berkomunikasi dengan Wapres dan Menko Kesra yang sekarang telah berada di lokasi kejadian untuk memastikan langkah tanggap darurat,” katanya sambil menegaskan proses tanggap darurat telah mulai berlangsung.

Kepala Negara kemudian mengatakan “Atas nama pemerintah, saya mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban dan semoga arwah para korban diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa”.
Presiden menegaskan kunjungannya ke lokasi musibah adalah untuk secara langsung memberikan petunjuk teknis kepada Pemda Tangerang, guna mengatasi dampak negatif banjir bandang akibat jebolnya waduk di kawasan tersebut.(Ant/ink)

Wartakota.co.id, 27 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: