Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

April,Tarif Air Bersih Naik 12–25%

Posted by kinclonk pada 26 Maret 2009

TANGERANG(SI) – Tarif air bersih yang dikelola PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang,mulai 1 April mendatang naik antara 12–25%.

Direktur Umum PDAM TKR Kabupaten Tangerang Subekti mengatakan, pihaknya sudah enam tahun tidak menaikkan tarif air. ”Kenaikan air terakhir sejak 2003, setelah itu belum pernah naik lagi hingga kini,” kata Subekti di Aula PDAM TKR Kabupaten Tangerang kemarin.

Dalam kurun waktu enam tahun itu, terang Subekti, banyak sekali kebutuhan masyarakat yang naik, seperti bahan bakar minyak (BBM), tarif dasar listrik, bahan kimia,dan akumulasi inflasi yang besarnya mencapai 43,63% (periode 2004–2008).

Selain itu, kenaikan tarif juga untuk mempertahankan kelangsungan pasokan air bersih dari risiko kenaikan BBM pada 2004 lalu sebesar 129,17%, kenaikan harga bahan kimia yang mencapai 96,79%, kenaikan kurs dolar sebesar 41,26%,kemudian sebagai prasyarat untuk restrukturisasi utang.

”Sebab kami memiliki utang sebanyak Rp480 miliar.Untuk mendapatkan restrukturisasi utang itu, ditetapkan tarif harus bisa menutupi seluruh biaya operasional dengan keuntungan yang sewajarnya,”jelasnya. Faktor terakhir, PDAM TKR ingin mengembangkan pelayanan ke wilayah yang hingga kini belum mendapatkan air bersih.

Saat ini wilayah yang belum terlayani air bersih di antaranya di kawasan pantura, yakni Pakuhaji, Sepatan, Sukadiri,Mauk,dan Teluk Naga. Dari perubahan tarif tersebut, yang paling besar kenaikannya adalah para pelanggan yang selama ini menerima subsidi.

”Misalnya tempat sosial, seperti untuk masjid dan sekolah. Sebab, kami juga harus menjaga agar para pelaku industri tidak lari,”ucapnya. Persoalan kenaikan ini, lanjut Subekti, juga tidak lepas dari maraknya pelanggan pasif. Artinya banyak pelanggan yang hanya memasang saja. Namun setelah pipa disambungkan, pelanggan tersebut enggan menggunakan air bersih.

Padahal,untuk melakukan pemasangan pipa dibutuhkan investasi yang tidak sedikit.”Jumlah pelanggan pasif mencapai sekitar 14.000 pelanggan, dan itu umumnya banyak terjadi di wilayah perumahan,”terangnya. Kebijakan kenaikan tarif juga didasari Peraturan Pemerintah (PP) No 16/2006 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Selain itu, Permendagri No 23/2006 tentang Pedoman Teknis dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air serta Peraturan Bupati Tangerang No 7/2009 tentang Tarif Air Minum dan Biaya Lainnya pada PDAM TKR. Saat ini PDAM TKR Kabupaten Tangerang melayani sekitar 98.000 pelanggan, terdiri atas 36.000 warga kabupaten dan 60.000 warga Kota Tangerang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Arief Wahyudi mengatakan sudah sewajarnya PDAM TKR menaikkan tarif. ”Saya kira logis. Saya mendukung jika mereka juga ingin mengembangkan pelayanannya, sebab memang masih banyak sekali masyarakat Kabupaten justru belum mendapatkan air bersih dari PDAM Kabupaten,”ucapnya. (denny irawan)

Seputar-indonesia.com, 25 Maret 2009

Satu Tanggapan to “April,Tarif Air Bersih Naik 12–25%”

  1. Wetty said

    sekarang tarif air PDAM tangerang berapa ya? kira2 untuk memperoleh data tarif air dari mana,.. thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: