Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

PHK Melanda Buruh Kabupaten Tangerang

Posted by kinclonk pada 7 Maret 2009

[TANGERANG] Jumlah buruh di wilayah kabupaten Tangerang yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) makin bertambah banyak. Jika pada akhir Januari 2009 tercatat 2.221 buruh yang di PHK, maka pada akhir Februari jumlahnya meningkat menjadi 3.847 orang buruh yang bekerja di berbagai perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang, Hasdanil, Kamis (5/3) mengatakan PHK pekerja dilakukan perusahaan akibat pesanan dari luar negeri sepi.

Hasdanil menyebutkan, pekerja yang di PHK berasal dari 4 perusahaan, yaitu PT Prima Inreksa 1.102 pegawai, PT EDS Manufacturing Indonesia 1.509 karyawan, PT Putera Bangun Cipta Mandiri 74 buruh, dan PT Sanken Indonesia 26 pekerja.

Pada Januari 2009 lalu, ada juga buruh yang dirumahkan. Jumlahnya mencapai 2.481 jiwa. Mereka berasal dari dua perusahaan, yaitu PT Prima Inreksa 2.260 orang dan PT EDS Manufacturing 221 orang.

Pada bulan Februari, buruh yang di PHK sebanyak 1.626 orang, berasal dari dua perusahaan, yaitu PT Sandoz Prima Jaya Produksi Furniture 26 orang dan PT Prima Inreksa 1.600 orang.

Hasdanil mengatakan selain order sepi, buruh di Kabupaten Tangerang sering sekali melakukan unjukrasa. Hal itu membuat banyak jam kerja yang hilang. Pada Januari, sebanyak lima perusahaan telah di demo dengan jumlah buruh pendemo mencapai 2.924. Hal itu menyebabkan adanya jam kerja yang hilang 140 .352 jam.

Pengusaha Ketakutan

Menurut Hasdanil, seringnya berunjuk rasa membuat para pengusaha ketakutan. Meski demikian, dia berharap para pengusaha segera memperkerjakan kembali buruh yang dirumahkan.

Sementara, bagi buruh yang di PHK, dia meminta kepada para pekerja memanfaatkan peluang kerja di luar negeri misalnya Arab dan Hong Kong.

“Disnakertrans akan memfasilitasi bagi buruh yang ingin memanfaatkan fasilitas bekerja di luar negeri,” katanya. [132]

Suara Pembaruan, 6 Maret 2009

Satu Tanggapan to “PHK Melanda Buruh Kabupaten Tangerang”

  1. Ratu adil said

    Terus terang sekarang ane lagi kesel nich sama panitia pemilihan PEMILU desa sawah baru ,kec ciputat, tangerang selatan. Masalah nya begini.di tempat ane tinggal masih banyak warga yg ga terdaftar di DPT PEMILU 2009 .ane curiga panitianya sengaja melakukan sabotase supaya buat memenangkan salah satu partai tertentu dlm hal ini GOLKAR .masalahnya sebagian besar yg ga terdaftar di DPT adalah orang2 yg bukan pro golkar .apa ini salah satu trik golkar buat memenangkan pemilu 2009 ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: