Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Tangsel Dihadapkan 4 Masalah

Posted by kinclonk pada 23 Februari 2009

SETU – Meski daerahnya terbilang sudah mapan, namun bukan berarti Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tak punya masalah.
Sebaliknya, kota otonom baru ini dikelilingi masalah yang begitu komplek. Setidaknya, pakar perencanaan wilayah kota mencatat ada empat masalah yang ada di hadapan Kota Tangsel. Dan, ini menjadi masalah pokok yang harus terselesaikan. Yakni, pembenahan infrastruktur, drainase, pengelolaan air bersih, dan penanganan sampah.

Pakar Perencanaan Wilayah Kota Anthony P Nasution mengungkapkan, untuk masalah penanganan air bersih, sejauh ini di Kota Tangsel belum memiliki sebuah lembaga yang menangani sistem pengelolaan air bersih apalagi air kotor. Padahal, jika pengelolaan sistem pengelolaan air dengan baik dapat meminimalisir terjadinya krisis air bersih.

“Sejauh ini yang telah memiliki sistem pengelolaan air bersih di Tangsel ada di pihak swasta, yakni pengembang BSD City dan Bintaro Jaya,” jelas Dosen senior di Institut Teknologi Indonesia (ITI) Tangerang ini, pekan lalu. Ia menerangkan, Kecamatan Pamulang yang saat ini jumlah penduduknya sekitar 977.462 jiwa, namun belum ada sistem pengelolaan air bersih. Warga di lokasi ini kebanyakan menggunakan air dengan sistem penggalian air dalam tanah. “Coba bayangkan kalau dibiarkan kondisi ini tentunya air yang terdapat dalam tanah akan tersedot habis. Beberapa tahun lagi di wilayah Pamulang yang padat penduduknya akan mengalami krisis air bersih,” jelasnya. Untuk itu, dalam pengelolaan air bersih kelak, Pemkot Tangsel harus inovatif.
“Pemerintah bisa bekerja sama dengan pihak pengembang agar setiap perumahan dibangun sebuah kolam penampungan air. Minimal lima persen dari luas area perumahan,” paparnya. (ang)

Radar Banten, 23 Februari 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: