Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

DBD di Tangsel Makin Meluas

Posted by kinclonk pada 20 Februari 2009

Menurut Kepala Puskesmas Ciputat Timur drg Maya Mardiana, sepanjang pertengahan Febuari ini sudah terdapat tiga korban DBD. Sedangkan di bulan Januari hanya empat korban DBD. Semuanya itu dinyatakan positif terjangkit penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegepty itu.
“Kalau di sini, daerah endemis DBD terdapat di Kelurahan Cirendeu,” jelas dokter berkacamata ini, Kamis,(19/2). Maya menjelaskan, Saat ini sudah tiga lokasi di Kelurahan Cirendeu dilakukan fogging. Padahal, menurutnya, fogging itu tidak efektif.
Karena yang efektif itu adalah warga meningkatkan program pembersihan sarang nyamuk (PSN) dan 3-M (membersihkan, mengubur, dan menutup) “Apalagi memasuki musim pancaroba saat ini, fogging tidak efektif masih banyak terdapat angin kencang dan cuacanya pun berubah-ubah. Sehingga dampaknya bisa menimbulkan nyamuk,” katanya.

Pada bagian lain, Kepala Puskesmas Pamulang drg Unna Ramadhona mengaku, hingga pertengahan Februari ini di wilayahnya sudah terdapat 25 kasus DBD. Dari 25 korban itu, 14 orang positif DBD dan dirawat inap di Puskesmas, 11 orang suspect, dan dua orang dirujuk ke RSUD Tangerang. “Sedangkan yang masih dirawat saat ini berjumlah enam orang,” katanya.
Menurut Unna, meningkatnya jumlah korban ini karena musim pancaroba yakni musim hujan beralih ke musim panas. Untuk itu, warga diminta waspada sebagai antisipasi DBD. Diperkirakan, akhir April mendatang penyakit ini akan berakhir. “Kita harapkan warga menjaga kebersihan lingkungan, karena kesehatan merupakan tanggung jawab bersama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pondok Aren dr Endang Sri Sumarwah mengatakan, Februari ini sekitar 6 warga dinyatakan terjangkit DBD.
Kesemuanya itu masih suspect DBD. Sedangkan Kepala Pukskesmas Kampung Sawah Ciputat dr Andi Fatmawati mengatakan, di wilayahnya sepanjang bulan Januari lalu terdapat dua warga postif DBD, sedangkan di bulan Februari ini baru dua pasien. (ang)

Radar Banten, 20 Februari 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: