Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Antisipasi Banjir, Warga Bangun Saluran Air

Posted by kinclonk pada 12 Januari 2009

CIPUTAT– Antisipasi banjir, warga Kelurahan Cempaka Putih dan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur membangun gorong-gorong sepanjang 500 meter di Jalan Menjangan Raya. Dana yang dihabiskan untuk membangun saluran air dengan diameter 60 X 60 centimeter tersebut diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Salah satu warga Hendra Saputra mengatakan, sejak dahulu wilayah mereka selalu menjadi langganan banjir. Namun, belum sampai masuk ke dalam rumah. Tapi, semenjak betonisasi Jalan Menjangan Raya, banjir semakin parah.

Rencananya saluran air itu akan mengaliri air ke Situ Bungur. Titi awal saluran air dibangun di Kelurahan Cempaka Putih, lalu melintasi Kelurahan Pondok Ranji sebelum sampai di penampungannya Situ Bungur yang seluas 3 ribu meter persegi lebih.

“Sekarang banjir sudah masuk ke dalam rumah. Ketinggiannya mencapai 30-50 centimeter. Sekarang, jalan sudah lebih tinggi dari pemukiman. Akibatnya, air selalu mengalir ke pemukiman warga. Sedangkan saluran air kecil,” terang Ketua Angkatan Muda Partai Golkr (AMPG) Kecamatan Ciputat Timur tersebut.

Supaya tidak adanya penumpukan sampah di dalam saluran air, setiap 15 meter akan dibuat bak kontrol. Setiap minggu, saluran air akan diperiksa.
Selain itu, disekitar Situ Bungur juga akan dibangun 3 buah toilet umum. Jadi warga tidak perlu buang air sembarangan lagi. (cdl)

Tangerang Online, 11 Januari 2009

Satu Tanggapan to “Antisipasi Banjir, Warga Bangun Saluran Air”

  1. Satochid said

    Inilah pola pikir yang sekilas, membangun tanpa kajian lingkungan yang benar.
    Coba minta bantuan masukan dari rakyat,agar benar. jangan diam2 tidak transparan semuanya.Al hasil banjir.Awasi pemberian ijin pembangunan kompleks baru yang ngawur.
    Sebaiknya dari hulu kehilir sampai ke waduk/siru dll dikaji ulang dan diperhatikan debit/ arus airnya, wasalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: