Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

TPS Sampah di Tangsel Berkurang

Posted by kinclonk pada 9 Januari 2009

PONDOK AREN – Persoalan penanganan sampah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tampaknya akan bertambah.
Jika sebelumnya, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Tangerang Jackie Zakaria Harahap berpendapat, untuk mengantisipasi Kota Tangsel menjadi kota sampah, salah satunya perlu pengoptimalan tempat pembuangan sementara (TPS) sampah.
Namun, anggota DPRD Kabupaten Tangerang lainnya, HM Salbini justru sebaliknya. Sebuah lahan di Kompleks Permai Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, yang selama ini dijadikan TPS, justru akan dijadikan taman.
Warga setempat mengeluhkan TPS tersebut lantaran berdiri di atas fasilitas umum yang menurut warga seharusnya dijadikan taman bermain. “Tempat itu tidak layak dijadikan TPS,” kata Salbini, Rabu (8/1).

Dikatakan, dalam APBD 2008 Pemkab Tangerang telah mengalokasikan dana Rp 100 juta untuk pembuatan dijadikan taman. Rinciannya, Rp 50 juta untuk mengangkat sampah dan Rp 50 juta untuk penataan lingkungan.
Namun, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tangerang punya rencana lain. Rencananya, instansi ini merinci anggaran Rp 20 juta untuk taman, Rp 20 juta untuk pemagaran, dan Rp 60 juta untuk penanganan sampah.
Warga menginginkan sampah di TPS tersebut diangkat dan dijadikan taman dengan dasar dikonblok atau disemen. Sedang, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tangerang menginginkan TPS tersebut diuruk dengan tanah, untuk kemudian ditanami pohon.

Sejak dikerjakan pada awal Desember 2008 lalu hingga kini, pengerjaan TPS mejadi taman belum selesai. Sebelumnya, pengangkatan sampah terhenti karena sedang ada perbaikan jembatan. Namun, saat ini, sudah dua minggu, pengerjaan tersebut terhenti tanpa sebab yang jelas. “Selama bulan November, TPS belum diapa-apakan, baru dipagar,” terang politisi PKS ini.
Sebagai ganti TPS tersebut, sampah warga kompleks Permai diangkut oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tangerang. Namun, menurut Salbini, masih banyak warga kompleks dan sekitar yang membuang sampah di TPS tersebut. Ke depannya, Salbini menyiapkan TPS baru di lahan kosong milik warga yang ada di Pondok Belimbing, Jurang Mangu Barat, Kota Tangerang Selatan.

Pada bagian lain, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Arif Wahyudi berpendapat, untuk mengatasi masalah sampah di Kota Tangerang Selatan, selain mengoptimalkan TPS, juga perlu penyadaran masyarakat memilah sampah dan dilanjutkan dengan pemberdayaan masyarakat mengolah sampah menjadi pupuk organic.
“Banyak tenaga kerja yang terserap. Selain itu, teknologi dan kerja sama antar-daerah. Singkatnya, selama ada niat baik melayani, insya Allah akan selalu ada solusinya,” ungkap Arif melalui pesan singkatnya, Kamis (8/1) pagi. (mg-hasan/dai)

Radar Banten, 9 Januari 2009

2 Tanggapan to “TPS Sampah di Tangsel Berkurang”

  1. satochid said

    Sebaiknya TPS jangan dipikirkan secara jangka pendek, seharusnya minimal 10 haun kedepan harus bisa ditampung di TPS tersebut. Sekarang ini masing2 kompleks kebanyakan pembuangannya siserahkan pada swakelola yang cara dan lokasi TPS dekat dengan permukiman. Seyogyanya diprioritaskan pencarian lokasi yang jauh lebih tepat. dengan sarana pembakarannya dan alat2 untuk mengarur sampahnya. Bagaimana kalau dilakukan daur ulang, tentu saja harus ada gerakan serentak.

  2. RISMA said

    Saya mewakili warga ceger, saat ini warga ceger sedang mengeluh dengan banyaknya lalat dsekitar rumahnya dikarenakan ada tempat pembuangan sampah baru yang letaknya tidak jauh atau berdekatan dengan pemukiman warga. Jika ini didiamkan terus menerus sampah akan cepat menumpuk dan yg paling di khawatirkan adalah kesehatan warga sekitar dengan banyaknya lalat. Sudah banyak yang mengeluh kepada Ketua RT tetapi tidak ada penanganannya, saya sangat berharap semoga masalah ini segera di atasi dengan bijaksana demi kepentingan dan kesehatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: