Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Bandara Pondok Cabe Batal Dikomersilkan

Posted by kinclonk pada 7 Januari 2009

PONDOK CABE – Bandara Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan batal dikomersilkan.
Dirjen Perhubungan Udara RI hanya berencana menjadikan Bandara Budiarto Curug, Kabupaten Tangerang, sebagai landasan terbang alternatif bersifat komersil. Kepala Bidang Informasi dan Telekomunikasi Dinas Perhubungan Telekomunikasi, dan Informatika Kabupaten Tangerang Mohamad Yusrizal mengatakan, batalnya Bandara Pondok Cabe untuk dikomersilkan karena seringnya terjadi kepadatan jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Berdasarkan catatan yang dimiliki bagian officer in charge atau petugas lapangan penanggung jawab teknis penerbangan Bandara Soekarno-Hatta, jadwal penerbangan I hari biasa mencapai 55 penerbangan per harinya.
Jumlah ini akan meningkat dua kali lipat pada setiap hari libur akhir pekan atau pun libur panjang. Menurutnya, rencana penggunaan landasan udara Budiarto Curug dinilai sangat memungkinkan karena lokasinya tidak begitu jauh dari Bandara Soekarno-Hatta.
Dengan jarak lebih kurang 40 km masih memungkinkan pesawat dapat mendarat dengan sisa bahan bakar yang ada, jika terjadi kepadatan arus pendaratan maupun penerbangan atau kemungkinan hambatan cuaca buruk.
“Lokasi ini dinilai amat cocok bagi pesawat yang melayani penerbangan jarak pendek,” tuturnya. Rencana dari Dirjen Perhubungan Udara, pada awalnya yang akan dijadikan landasan udara alternatif adalah Bandara Pondok Cabe.
Kata dia, pembatalan pengomersilan Bandara Pondok Cabe juga lantaran kondisi landasan pacu (runway) di bandara tersebut tidak memadai.
Pasalnya, panjang landasan pacunya tidak mencapai 2.000 meter. Selain itu dalam radius kurang dari 500 meter di landasan itu terdapat permukiman padat penduduk. (ang)

Radar Banten, 7 Januari 2009

Satu Tanggapan to “Bandara Pondok Cabe Batal Dikomersilkan”

  1. Alex said

    Apakah ada rencana perluasan Bandara Pondok Cabe kedepannya?, klo ada sampai radius mana?. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: