Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pasar Tradisional di Tangerang Berubah jadi Semi Modern

Posted by kinclonk pada 26 Desember 2008

TANGERANG–MI: Sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten akan diubah menjadi pasar semi modern untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen.

“Perubahan menjadi pasar semi modern ini harus mampu memuaskan pelayanan terhadap pelanggannya,” kata Direktur Operasional Perusahaan Dagang (PD) Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Ahmad Djabir, Rabu (24/12).

Djabir mengatakan, pasar tradisional yang “disulap” menjadi pasar semi modern tersebut juga dipersiapkan agar mampu berkompetitif dengan minimarket bahkan pasar modern.

Saat ini jumlah pasar tradisional yang tersebar di Kabupaten Tangerang mencapai 22 lokasi, namun sebanyak 11 pasar terancam ditutup.

Penyebabnya jumlah pengunjung yang sedikit serta kalah bersaing dengan retail ataupun minimarket yang menjamur hingga ke perkampungan sehingga berdampak terhadap keberadaan pasar tradisional yang sepi pengunjung.

Djabir mengungkapkan, rencananya pasar tradisional tersebut akan direnovasi dengan bangunan permanen berlantai dua yang dilengkapi sejumlah kios, los, mushola, lahan parkir dan pos keamanan.

Penjual barang dagangan jenis basah dan kering juga akan dipisahkan agar kondisi pasar tetap terjaga kebersihannya sehingga konsumen merasa nyaman.

Djabir menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang ingin menghilangkan pandangan masyarakat yang menilai pasar tradisional identik dengan becek, bau dan bertebaran sampah kotor.

Pembangunan pasar semi modern diserahkan kepada pihak investor namun pengelolaannya tetap ditangani PD Pasar Niaga Kerta Raharja.

Tahap pertama beberapa pasar tradisional yang akan diremajakan menjadi pasar semi modern antara lain Pasar Serpong, Bonang, Curug dan Binong.

Djabir mengungkapkan, keterpurukan pasar tradisional di Kabupaten Tangerang mulai terasa sejak tiga tahun lalu karena kalah bersaing dengan pasar modern dan pusat perbelanjaan lainnya.

Seperti pasar yang tersebar di Kelapa Dua, Ciputat Permai, Bintaro, Kampung Melayu, Kronjo, Cisoka, Balaraja, Cituis, Korelet dan Kutabumi. (Ant/OL-02)

Media Indonesia, 24 Desember 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: