Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Tolak UU BHP

Posted by kinclonk pada 26 Desember 2008

CIPUTAT – Puluhan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Ciputat menggelar aksi penolakan terhadap Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (BHP), Rabu (24/12). Mahasiswa menilai UU BHP merupakan bentuk komersialisasi dunia pendidikan.

Dalam aksinya mahasiswa membawa spanduk bertuliskan “tolak BHP, BHP hambat dunia pendidikan”. Tidak hanya itu saja mahasiswa juga menggelar orasi yang menyebutkan Badan Layanan Umum yang diberlakukan di UIN nama lain dari Badan Hukum Pendidikan yang sebenarnya merupakan upaya lepas tangan pemerintah dalam mengalokasikan APBN untuk Perguruan Tinggi. Sehingga Perguruan Tinggi diberi keleluasaan untuk mencari sumber pendapatan. Imbasnya mahasiswa sama halnya dengan komoditas dan biaya pendidikan di Perguruan Tinggi semakin mahal.

“Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan yang disahkan DPR pada tanggal 18 Desember lalu merupakan bentuk komersialisasi dunia pendidikan. Jika UU BHP diberlakukan, sama saja pemerintah saat ini membatasi akses warga Negara untuk memperoleh pendidikan” ungkap kordinator Humas aksi, Charman kepada tangerangonline.

Badan Hukum Pendidikan merupakan perubahan arah kebijakan pengembangan perguruan tinggi dalam bidang Pendidikan. Di bidang keuangan, telah terjadi perubahan paradigma dalam mengelola keuangan Negara setelah dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003. Hal itu kemudian disusul dengan berubahnya UIN sebagai Badan Layanan Umum melalui SK Menteri Keuangan Nomor 42/KMK.05/2008 tanggal 26 Februari 2008.(faiz)

Tangerang Online, 24 Desember 2008

Satu Tanggapan to “Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Tolak UU BHP”

  1. prabu said

    Pendidikan di Indonesia sekarang sedang mengalami kemunduran dengan disyahkannya UU BHP, rakyat miskin dilarang sekolah.
    Pengesahan UU BHP ini akibat Indonesia terlalu nurut sama IMF dan bank dunia yang akan menjadikan negara berkembang sebagai obyek penjajahan neolberalisme melalui pasar bebasnya.
    http://www.warnadunia.com/

    Salam kenal^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: