Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pemkab Kuasai 53 Persen Saham (Tol Serpong-Balaraja)

Posted by kinclonk pada 18 Desember 2008

SERPONG – Rencana proyek infrastruktur jalan Tol Serpong-Balaraja yang telah menjadi agenda pembangunan Pemkab Tangerang akan digarap PT Mitra Kerta Raharja (MKR), holding company milik Pemkab Tangerang.
Pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang ini merupakan program jangka panjang PT Mitra Kerta Raharja. Selain jalan Tol Serpong-Balaraja, yang menjadi program jangka panjang holding company ini antara lain mengelola pemotingan hewan RPH Balaraja, investasi dan menyewakan pipa air bersih PT Palyja, dan investasi dan mengelola pelabuhan-dry port Mauk.
“Holding company ini harus besar. Ini menjadi tugas para direksi. Saya minta program-program berjalan. Kalau para direksi tak mampu, lebih baik berhenti dari sekarang,” kata Bupati Tangerang Ismet Iskandar saat tasyakuran kantor PT Mitra Kerta Raharja di Golden Road C-28, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Rabu (17/12) siang.
Ismet mengatakan, selain menyelenggarakan usaha di bidang infrastruktur, PT Mitra Kerta Raharja juga menyelenggarakan usaha lainnya yang belum tertangani Pemkab Tangerang.

Untuk diketahui, Tol Serpong-Balaraja memiliki panjang 37 kilometer. Proyek pembangunan jalan tol ini nilainya bisa mencapai Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun. Diperkirakan, lahan yang akan dibebaskan selebar 60 meter dan luasnya sekitar 390 hektar. Pada bentangan jalan ini akan terdapat jembatan dengan panjang keseluruhan 420 meter dan simpul penghubung (interchange) keluar masuk sekitar 200 meter.
Keberadaan tol tersebut dipastikan akan berdampak pada pertumbuhan sejumlah kecamatan yang dilintasinya, seperti Kecamatan Legok, Cisauk, Panongan, Jambe, Cisoka, Jayanti, dan Tigaraksa.
Bahkan, tol ini diperkirakan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerah tetangga, khususnya Bogor bagian barat. (dai)

Radar Banten, 18 Desember 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: