Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Tangerang Ajukan Revisi UMK

Posted by kinclonk pada 4 Desember 2008

SERANG (SINDO) – Pemkab Tangerang mengirimkan surat pengajuan revisi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kabupaten Tangerang.

Isi surat yang dikirim Bupati Tangerang Ismet Iskandar itu meminta revisi UMK 2009 dari Rp1.044.500 menjadi Rp1.055.000.Pengajuan revisi UMK yang ditujukan kepada Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu tertuang dalam surat nomor 561/8962 tertanggal 2 Desember 2008. Alasan permintaan revisi UMK itu karena ada selisih yang cukup besar antara UMK Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

Diketahui, UMK Kota Tangerang Rp1.054.660 dan Kabupaten Tangerang Rp1.044.500.Pertimbangan lain adalah respons terhadap surat dari Aliansi Serikat Pekerja/Buruh Kabupaten Tangerang No 005/Aliansi SP-SB/KAB.TNG/ XI/2008 tertanggal 21 November 2008, agar mengakomodasi aspirasi penetapan UMK 100%, sesuai KHL Rp1.075.641. Pengajuan revisi itu juga untuk menjaga hubungan industrial di Kabupaten Tangerang agar lebih kondusif dan harmonis.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten Ridwan Efendy mengatakan, surat usulan revisi tersebut kemarin diterima Pemprov Banten melalui Disnakertrans. ”Surat dari bupati itu sudah kami teruskan ke Gubernur Banten,”ujarRidwankemarin. Menurut Ridwan, pihaknya telah melakukan kajian terkait revisi UMK Tangerang.

Kajian itu untuk dijadikan bahan pertimbangan Gubernur Banten, apakah akan merevisi atau tidak UMK Kabupaten Tangerang. ”Kajian kami akan menjadi dasar bagi Ibu Gubernur,”ujarnya. Kepala Seksi Pengupahan dan Jamsostek Disnakertrans Ubaidillah mengatakan, selain surat revisi UMK, pihaknya telah menerima surat dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Tangerang.

Isi surat Apindo itu adalah menolak adanya perubahan UMK dan meminta Gubernur Banten untuk tidak melakukan revisi. Alasan Apindo karena putusan besaran UMK Rp1.044.500 telah disepakati Dewan Pengupahan Kabupaten Tangerang. Selain itu, Bupati Tangerang juga telah membuat rekomendasi UMK 2009 Rp1.044.500, atas usulan Dewan Pengupahan.

Alasan lain terkait penolakan Apindo karena rekomendasi UMK Bupati Tangerang telah ditetapkan Gubernur Banten menjadi UMK 2009. Bahkan, usulan revisi UMK yang telah dilayangkan Bupati Tangerang dipandang tidak melalui mekanisme dan prosedur yang berlaku, karena tidak melakukan konsultasi kepada Dewan Pengupahan Kabupaten Tangerang. (teguh mahardika)

Seputar Indonesia, 3 Desember 2008

3 Tanggapan to “Tangerang Ajukan Revisi UMK”

  1. SUBIYANTO said

    Terima kasih atas diliputnya berita revisi UMK kab. tangerang tahun 2009, hal ini merupakan hal yang sangat mendasar bagi kaum pekerja.

    Bravo Pekerja Indonesia

    subiyanto

  2. sudah kami posting di blog kspsi-kab tangerang, terima kasih atas pemberitaannya dan kerjasamanya

  3. arifin said

    yang benar berapa UMK kab. tangerang? Rp 1044500 atau Rp 1055000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: