Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Tangerang Selatan dan Utara Rawan Puting Beliung

Posted by kinclonk pada 16 Oktober 2008

Tangerang, Warta Kota
Wilayah Tangerang Utara dan Selatan rawan terkena angin puting beliung. Bencana angin ribut tersebut diperkirakan akan muncul pekan ketiga Oktober hingga Desember ini.

Perkiraan tersebut disampaikan Kasi Pemantuan Prakiraan Cuaca Kantor BMG Wilayah II Ciputat, Tangerang, Abdul Kohir, Rabu (15/10). ”Tapi potensi angin ribut paling besar terjadi di Tangerang Selatan, khususnya Ciputat dan Pamulang,” kata Kohir.

Alasannya kedua wilayah tersebut berbatasan dengan Bogor yang termasuk daerah perbukitan. Selama ini, jalur-jalur angin kencang ya di daerah perbukitan seperti itu.

Menurut perkiraannya, angin kencang disertai perubahan cuaca akan terjadi lebih dahulu di wilayah Tangerang Selatan. Tepatnya pada pekan ketiga Oktober dan pekan kedua November. Sedang untuk Tangerang Utara kemungkinan akan terjadi pada pekan ketiga November dan pekan kedua Desember.

Untuk potensi angin ribut di Tangerang Utara, lanjut Kohir, cenderung terjadi karena adanya perubahan di tingkat kelembaban antara wilayah daratan dan lautan. Hal itu memacu perubahan suhu dan cuaca secara mendadak.

Ada pun tanda-tanda perubahan cuaca yang mengarah munculnya angin kencang atau puting beliung adalah jika di langit mulai muncul awan gelap dan menggumpal bertumpuk seperti kol. Angin kencang yang muncul selepas siang hingga sore hari juga ditandai adanya perubahan suhu secara mendadak. Biasanya, suhu di pagi hari lebih panas dan siang hari suhu mendadak turun disertai angin.

Kohir juga menyebut soal potensi ancaman banjir di sejumlah permukiman di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Angke (wilayah barat) dan Kali Cisadane (wilayah timur), Tangerang. Di dua wilayah ini, jika terjadi hujan deras satu jam saja akan berpotensi banjir.

Menanggapi ancaman banjir tersebut, Kepala Humas Pemkot Tangerang Saeful Rohman menyatakan sudah mempersiapkan 117 personel gabungan dari pemkot, polisi, kodim, dan PMI. Pemkot Tangerang juga sudah menganggarkan dana satu miliar rupiah untuk antisipasi kebutuhan sarana pengobatan dan pangan.

Selain itu, sudah dipersiapkan titik dapur umum di lokasi rawan banjir dan mobil dapur umum. Seluruh camat dan lurah sudah diminta untuk siaga 24 jam dan berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk mengambil tindakan darurat. (cel)

DAERAH RAWAN PUTING BELIUN DI TANGERANG

• TANGERANG SELATAN: Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Cisauk, dan Setu (diperkirakan muncul pekan ketiga Oktober dan pekan kedua Nopember)
• TANGERANG UTARA: Kecamatan Mauk, Rajeg, Kemiri, Sepatan, Sepatan Timur, Sukadiri, Pakuhaji, Kosambi, dan Teluknaga. (diperkirakan terjadi pekan ketiga Nopember dan pekan kedua Desember)

Warta Kota 15 Oktober 2008

Satu Tanggapan to “Tangerang Selatan dan Utara Rawan Puting Beliung”

  1. oddie said

    emng yah pa..?
    trud gmna dong cra kita nanggapin’a..?
    aduh takud saya pa…
    dya takut..
    mkan’a saya buka stus ni krna saya mlihat add d tv..
    krana d brita kurang jllas jd saya cri d warnet…
    ya ALLAH moga ajj ga terjadi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: