Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pembahasan Akhir Tangerang Selatan Digelar di Bogor

Posted by kinclonk pada 16 Oktober 2008

Tangerang, SerpongKita.com- Panitia kerja (Panja) pembentukan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengejar deadline pembahasan akhir pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Pertemuan yang akan diselenggarakan di Hotel Novotel, Bogor, Kamis (16/10) besok tersebut akan dihadiri oleh 20 orang yang berasal dari Panja Kabupaten Tangerang dan 10 orang dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri).

“Saat ini Panja Kabupaten Tangerang yang menangani pembentukan Kota Tangsel disibukkan mengejar deadline untuk tanggal 24 Oktober 2008 terkait diparipurnakannya RUU Tangsel menjadi UU. Rencana finishing Tangsel akan dibahas di Hotel Novotel, Bogor,” ungkap salah satu Tim Panja pembentukan Kota Tangsel Heri Haryanto saat di konfirmasi, Selasa (14/10).

Heri menjelaskan, permasalahan pembentukan Tangsel menjadi Kota hanya tinggal 1 persen saja dan itupun akan dibahas secara tuntas pada hari Kamis tanggal 16 Oktober 2008 mendatang bersama dengan elemen yang berkompeten termasuk juga tim dari Depdagri. “Hari Kamis nanti dihadiri juga oleh Tim Otonomi daerah (Otda) atau Tim pemekaran wilayah, Dirjen Otda dan Juga Kasubnit Otda,” jelasnya.

Sementara anggota Komisi II DPR RI Jazuli Juwaeni membantah perihal pemekaran Tansel menjadi Daerah Otanomi Baru terkendala oleh dokumen militer. DPOD telah selesai dan telah mengajukan kepada Depdagri dan juga DPR RI bahwa Tangsel telah siap sepenuhnya dan telah sangat memenuhi syarat untuk menjadi Kota Tangerang Selatan atau DOB tanpa harus ada syarat lain, apalagi syarat militer. “Kata siapa terkendala dengan syarat militer?, apa yang dimaksud dengan syarat militer ?,” katanya mempertanyakan.

Besok (16/10) memang akan dibahas kembali tentang pembentukan Kota Tangsel, lanjut Djazuli, tetapi persyaratannya tentu harus mengacu pada Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang syarat pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB). Sedangkan dalam UU No. 32 Tahun 2004 itu tidak ada yang namanya syarat militer atau apapun lagi yang harus dipenuhi oleh Tangsel. “Syarat militer itu tidak menjadi kendala, saya melihat DPOD sudah memaparkan bahwa Tangsel sudah sangat memenuhi syarat,” paparnya.

Jazuli pun meminta agar jangan ada yang main-main dengan pemekaran Kota Tangsel. Pembentukan dan berdirinya Kota Tangerang Selatan adalah kehendak rakyat Tangsel dan juga bertujuan demi untuk kesejahteraan masyarakat Tangerang Selatan nantinya. “Jangan cari-cari alasan untuk mengganjal usulan pemekaran ini,” tandas anggota Komisi II DPR RI. (fiz)

SerpongKita.com 15 Oktober 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: