Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Kriminalitas di Stasiun Pondok Ranji Turun Drastis

Posted by kinclonk pada 1 Agustus 2008

CIPUTAT – Meskipun jumlah penumpang di Stasiun KA Pondok Ranji padat, namun tingkat tindak kriminilitas di stasiun ini menurun drastis. Biasanya dalam sebulan, kasus pencopetan bisa terjadi antara dua hingga lima kali, namun kini sudah tidak terjadi lagi.

Menurut Kepala Stasiun Kereta Api Pondok Ranji Asep Saeful Cholik, kondisi ini lantaran meningkatnya pengawasan yang dilakukan petugas stasiun terhadap para penumpang.
“Memang waktu dulu tingkat kriminalitas, seperti copet di sini cukup banyak. Namun, setelah kami melakukan pengawasan ketat, tingkat kriminilatas pun menjadi menurun,” ujar Asep ketika ditemui, Selasa (29/7).

Selain melakukan pengawasan secara ketat, pihak petugas stasiun juga melakukan operasi tertib penumpang di atas kereta api. Ini dilakukan untuk tidak memberikan ruang gerak bagi pencopet beraksi di atas kereta api.

Sementara itu, jumlah penumpang memasuki hari libur Isra Miraj pada Selasa lalu itu terlihat padat. Rata-rata para penumpang ini bertujuan ke daerah Rangkasbitung-Merak.
Jika pada saat normal, jumlah penumpang biasanya hanya mencapai 300 orang per hari, namun kini menjelang peringatan hari besar umat Islam ini naik menjadi 400 penumpang.
“Memang, berdasarkan pantauan kami di lapangan jumlah penumpang pada hari ini (Selasa-red) meningkat dibandingkan di hari-hari sebelumnya,” ujarnya.

Meskipun terjadi kenaikan, namun peningkatan penumpang ini tidak begitu signifikan dibandingkan pada saat liburan sekolah lalu. Di mana jumlah penumpang di stasiun kereta api ini melonjak 50 persen.
“Waktu liburan panjang sekolah lalu, jumlah penumpang mencapai 700 orang per harinya,” katanya.

Jam operasi pelayanan stasiun KA Pondok Ranji ini diberikan dari pukul 05.30 WIB hingga 23.30 WIB. Adapun jumlah pelayanan yang diberikan di stasiun ini antara lain jurusan Ekonomi Tanah Abang–Serpong, KRL Depok-Serpong, KRL Serpong-Manggarai, dan Jakarta-Serpong. (ang)

Radar Banten 31 Juli 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: