Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pengesahan Tangerang Selatan Terancam Lagi

Posted by kinclonk pada 22 Juli 2008

*Terganjal 14 Kota Otonom Baru yang Belum Diverifikasi

CIPUTAT – Kendati seluruh berkas Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah diverifikasi dan telah dinyatakan layak oleh Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), namun lembaga yang beranggotakan pejabat dari sejumlah departemen ini belum bisa memastikan akan meneruskan Kota Tangsel ini untuk disahkan sebagai kota baru.

Pasalnya, DPOD belum melakukan verifikasi terhadap 14 calon daerah otonom baru lainnya. Tentu saja, kondisi ini menghambat pengesahan Kota Tangsel. Sebab, kota otonom bagian selatan Kabupaten Tangerang ini merupakan bagian rombongan bersama 14 daerah lain tersebut. Sedangkan waktu untuk verifikasi secara keseluruhan hanya tinggal seminggu lagi.

“Dari 15 daerah otonom baru, hanya Kota Tangsel yang sudah diverifikasi dan 14 daerah lainnya belum diverifikasi dan dikunjungi. Kami masih menunggu perintah dari Mendagri,” ujar Konsultan Depdagri Saur Panjaitan, saat dihubungi, Kamis (10/7).

Menurut Saur, belum diverifikasinya keempat belas calon daerah baru tersebut dikarenakan belum ada keputusan dari Departemen Dalam Negeri untuk melakukan peninjauan ke daerah yang akan dimekarkan.

Dikatakan, proses verifikasi daerah lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan waktu dari DPR RI hanya diberikan sekitar satu pekan lagi. Kondisi ini akan menjadi kendala bagi Kota Tangsel yang sudah lolos verifikasi.
“Kami tidak tahu, apakah bisa melanjutkan verifikasi ke 14 calon daerah otonom lain. Kalau 14 calon daerah otonom baru tidak diverifikasi, daerah tersebut pastinya akan cemburu dan melakukan protes bila Kota Tangsel yang diverifikasi, kata Saur.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Jazuli Juwaini menyebutkan, dalam rapat tertutup dengan pemerintah membahas pemekaran otonomi daerah Rabu (9/7) lalu, dikabarkan DPOD belum mengambil sikap untuk melakukan verifikasi lapangan terhadap 14 calon daerah otonom baru.

“Kalau begini caranya, bisa-bisa Agustus nanti Kota Tangsel disahkan. Ini semua karena DPOD sampai saat ini belum melakukan verifikasi daerah lain,” ungkapnya. (jid)

Radar Banten

Satu Tanggapan to “Pengesahan Tangerang Selatan Terancam Lagi”

  1. Desy said

    Wah mudah2an ga terlalu lama ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: