Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Harga Tanah di Ciputat Lebihi NJOP

Posted by kinclonk pada 24 November 2008

CIPUTAT – Terbentuknya Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dipastikan akan dibarengi dengan pembangunan sejumlah sarana dan infrastruktur di wilayah itu. Pembebasan lahan menjadi salah satu bagian dari pembenahan dan pembangunan sarana atau infrastruktur itu.
Terkait ini, Pemkab Tangerang tampaknya akan mengalami kendala. Sebab, masyarakat memasang harga tanah di wilayahnya dengan harga selangit. Contohnya di Ciputat.
Warga di sekitar lokasi bakal calon pusat pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang Selatan telah mematok harga tanahnya sekitar Rp 2,5 juta per meter. Melebihi nilai jual objek pajak (NJOP) yang hanya Rp 1 juta per meter.

Warga yang mematok dengan harga selangit itu, tampaknya telah mengetahui bahwa daerahnya akan dijadikan pintu masuk dan akses jalan utama Puspem Kota Tangerang Selatan, yakni Jalan Benda Raya, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan.
Minin (60), warga RT 04/04, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat mengaku, masyarakat setempat akan menolak jika pemerintah daerah akan membeli tanah itu dengan harga pasaran.
“Berdasar rapat warga dan pihak kecamatan tiga bulan lalu, warga di sini menolak kalau tanah harganya pasaran,” kata Minin, Minggu (23/11).
Ia mengatakan, informasi yang diterima warga bahwa pemerintah akan membayar tanah sesuai NJOP, yakni maksimal Rp 1 juta. Bahkan, kemungkinan di bawah Rp 1 juta. “Warga sepakat menolak dengan harga itu,” kata pemilik material ini.
Ia menuturkan, harga tanah di wilayah ini harganya bervariatif dan tidak merata. Berdasarkan kesepakatan warga yang rumahnya terkena pelebaran jalan, harga tanah per meternya Rp 2,5 juta. Sedangkan untuk bangunan dipatok Rp 3 juta per meternya.
“Kalau harganya disepakati segitu, kami akan pindah ke lokasi lain. Karena harga tanah sekarang tidak murah. Apalagi di lokasi ini cukup strategis untuk membuka usaha,” jelas Minin yang sudah tinggal di kawasan ini puluhan tahun.

Pada bagian lain, Ketua RT 05/04 Ade Achmad Nuradi (27) mengungkapkan, pihaknya pernah mendapatkan informasi adanya rencana pelebaran jalan dan pembebasan lahan di wilayahnya. Menurut dia, dari tujuh RT yang ada di lingkungan RW 04 ini hampir semuanya terkena pelebaran jalan. Terutama lokasi-lokasi yang berada di sisi jalan utama.
“Rencananya pemerintah akan melakukan pelebaran jalan sekitar tujuh meter, dari sisi kanan dan kiri dikenakan 3,5 meter,” katanya.
Sejauh ini, ia belum mengetahui informasi lebih lanjut mengenai harga tanah untuk pelebaran jalan tersebut. “Saya perkirakan untuk harga tanah itu di atas Rp 1 juta, karena lokasinya strategis,” jelasnya.

Diketahui, dalam waktu dekat ini, Pemkab Tangerang akan memperbaki akses jalan menuju kantor Kecematan Ciputat yang kondisinya rusak parah. Pemkab Tangerang pun berencana membangun gerbang Kota Tangerang Selatan di Jalan Parakan. Gerbang berbentuk bundaran itu diberi nama Geometri Parakan. Untuk membangun ini, Pemkab Tangerang berencana mengalokasikan dana sekitar Rp 2,5 miliar, termasuk untuk pembebasan lahan warga.
Dalam satu kesempatan, Bupati Tangerang Ismet Iskandar mengatakan, Pemkab Tangerang telah menyiapkan detail engineering design (DED) untuk perbaikan sarana jalan tersebut. “Pemerintah berharap agar warga tidak mematok harga tanah terlalu tinggi. Hal itu akan menyulitkan proses pembangunan,” ungkap Ismet. (ang)

Radar Banten, 24 November 2008

About these ads

Satu Tanggapan to “Harga Tanah di Ciputat Lebihi NJOP”

  1. ruhyat said

    memang TANGSEL,daerah yang mantap………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: