Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Pembangunan Tol Serpong Butuh 2 Tahun

Posted by kinclonk pada 5 November 2008

TANGERANG(SINDO) – Pembangunan tol Serpong–Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dilaksanakan awal tahun depan. Tol ini nantinya memiliki panjang 25 km dengan lebar 60–70 meter.

Awalnya, rencana pembangunan tol ini dilaksanakan tahun ini.Penundaan pembangunan tol ini disebabkan adanya Pilkada Kota Tangerang.Sebab dalam pembangunannya, tol Serpong– Bandara akan menggusur ratusan rumah warga.

”Pembangunan ini sengaja mundur karena ada Pilkada Kota Tangerang yang berpotensi menimbulkan gejolak, yang dapat digunakan pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan.Tapi sekarang pilkada sudah selesai, maka proyek ini akan dilanjutkan,” kata Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kota Tangerang Dadang Durachman kemarin.

Menurutnya,seluruh pembangunan tol Serpong–Bandara dilaksanakan pemerintah pusat, kecuali soal pembebasan tanah dan rumah warga. Pembangunan tol ini akan dikerjakan PT Wijaya Karya bekerja sama dengan konsorsium dari Malaysia. ”Dana keseluruhan pembangunan tol ini mencapai kurang lebih Rp3 triliun.Pembangunannya akan mulai dikerjakan awal 2009 nanti. Adapun pengerjaan pembangunannya akan memakan waktu dua tahun,”ujar Dadang.

Pembebasan tanah di wilayah Kota Tangerang dilaksanakan di lima kecamatan, yakni Pinang, Cipondoh, Batuceper, Tangerang, dan Benda. Rumah warga yang kena gusur dimulai dari STA 14.500 (tol Jakarta–Merak), lalu melintasi 10 kelurahan di lima kecamatan yakni Kunciran– Pekojan–Cipete (Pinang)– Poris Plawad Indah– Poris Plawad (Cipondoh)– Buaran Indah–Tanah Tinggi (Tangerang)–Batusari–Batu Jaya (Batuceper), dan Jurumudi– Benda (Benda). Jalur layang (elevated) itu melintasi sekitar 2 km dari KH Hasyim Ashari–Tanah Tinggi–Daan Mogot–Husein Sastranegara.

”Kami akan membantu pemerintah pusat dengan merencanakan lahan yang akan digusur pada awal 2009, setelah dana pembebasan lahan dari pemerintah pusat turun,”ucapnya.Dalam proyek ini, tugas Pemkot Tangerang hanya menggusur rumah warga yang terkena proyek.” Sedangkan pembangunan proyek sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, dan kami tidak ikut sama sekali,”tuturnya.

Proyek pembangunan tol Serpong–Bandara diyakini bakal membuka akses ekonomi bagi warga. Selama ini untuk menuju Bandara Soekarno- Hatta,warga harus memutar ke Jakarta atau melintasi tol Sedyatmo.

”Selain karena itu, tol itu juga akan mengurangi kemacetan di wilayah Serpong,”ujarnya. Sekretaris Daerah Kota Tangerang Harry Mulya Zein mengatakan,seharusnya Pemkot Tangerang tidak dilibatkan dalam pembebasan lahan.Namun,adaduawilayah yang terkena pembebasan lahan, yakni Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

”Seharusnya sih demikian, tetapi saat ini justru kita dilibatkan,”tandasnya. Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Soedaryanto mengaku sudah mengetahui pembangunan tol Serpong– Bandara. ”Saat ini, setahu saya sudah ada pembebasan lahannya di wilayah Rawa Bokor di Kecamatan Benda, tetapi soal yang lainnya saya tidak tahu,”ucapnya.

Dia juga mengatakan bahwa proyek tersebut masih menjadi perdebatan antarinstansi. Pasalnya, pemerintah pusat sudah menyiapkan pembangunan kereta api dari Jakarta ke bandara.

Terlebih, PT Jasa Marga sudah memperbaiki tol Sedyatmo agar terbebas dari banjir.Ditanya apakah pihaknya mendukung atau tidak dengan adanya jalur baru ke bandara itu, Soedaryanto mengaku tidak ingin berkomentar. ”Saya hanya tahu bandara ini sudah ada tol dan seluruh jalan yang tergenang sudah diperbaiki,” tegasnya. (denny irawan)

Seputar Indonesia, 4 November 2008

About these ads

7 Tanggapan to “Pembangunan Tol Serpong Butuh 2 Tahun”

  1. wiranurmansyah berkata

    waduh…mas punya peta detailnya rencana jalan tol gak ? rumah saya di perumahan paku jaya kena gak ya ? hmmmm..soalnya ada orang yang ngukur2 tanah gitu..trims

  2. sartono berkata

    dah ada petanya.rata2warga dah pd pegang petanya.

  3. PURWATININGSIH berkata

    dengan hatiyang resah warga pakujaya permai merasa terusik gara gara komplek Pakujaya Permai ada orang yang mengukur tanah dam memberi patok lagi dengan seenak udele ngukur ngukur dan jangan bikin banyak orang gila karena ulah orang yang mencari kekayaan tapi menginjak injak rakyat kecil jalan TOL hanya untuk orang orang berduit saja kok yang lewat dan yang punya mobil

  4. PURWATININGSIH berkata

    apakah perumahan pakujaya permai terkena jalan tol tolong kepada pihak yang berwenang mengenai masalah jalan tol yang akan dibangun karena sudah ada yang mengukur tak tahu orang dari mana .dan mengenai selebaran peta jalan tol warga sangat menyayangkan sekali kena apa melewati perumahan pakujaya. Pada hal perumaham RSSS .bukannya pemerintah yang mencanangkan bagi rakyat kecil warga yang penghasilan sangat rendah .Kepada pemerintahan yang sangat disesalkan sekali dana sangat kecewa karena bisa memiliki perumahan RRRS baru saja lunas dan baru bisa bernafas kok malah mau digusur. dikemanakan lagi orang miskin ini .kalau pengantian itu sepakat dengan masyarkat tidak apa , tapi kalau tidak mau berteduh dimana ,bukankah akan menambah beban pemerintah karena banyak orang stres dan gila, karena apa dari sekarang aja orang sudah gelisah mikirin rumah digusur apa pengantinya bisa buat beli rumah lagi .Masalahnya kenaikan harga rumah melejit setelah mendengar akan dibangun jalan tol kunciran serpong .jangan jadikan korban rakyat kecil selalu ditindas disingkirkan .yang namanya macet bukan karena kurang jalan tapi kita kembali kapeda faktor manusianya yang tidak pakai aturan seandainya mengikuti peraturan pasti jalan tidak akan macet.karena manusia sekarang banyak gila kekuasaan dan harta dan saling menyikut.
    karena masyarakat sangat resah apa lagi pembebasan lahan perumahan

  5. PURWATININGSIH berkata

    JALAN TOL HANYA UNTYUK OARNG PUNYA MOBIL TAPI BAGI RAKYAT KECIL NGGA ADA ARTINYA DAN KEPADA PEMERINTAHAN PUSAT DAN JUGA BAPAK PRESIDEN PIKIRKANLAH JANGAN SAMPAI KENA PERUMAHAN RSSS (RUNAH SANGAT SEDERHANA SEKALAI )KALAU DIGUSUR SAMA SAJA PEMERINTAHAN TAK TAHU APA ARTINYA MEMBANGUN RUMAH RSSS YANG ADA DI PERUMAHAM PAKUJAYA PERMA SERPONG DEKAT PUSDIKLANTAS

  6. DENY ARDIANSYAH berkata

    Kalau memang benar sudah akan di gusur saya sebagai warga di paku jaya permai setuju saja yang penting berhati2 pada pihak2 yg akan merugikan program tsbt

  7. kuncung susilo berkata

    perumahan rss pakujaya permai digusur gak masalah demi pembangunan, tapi dilain pihak harus dipikirkan maslah ganti ruginya sehingga orang kecil tidak dirugikan dan bisa membeli rumah kembali ditempat lain. Tolong Bapak/Ibu pengambil kebijakan harus memikirkan hal ini demi masa depan orang kecil beserta anak-anaknya. Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: