Tangerang Selatan

Menuju Kota dan Harapan Baru

Wisata Tanah Tingal

Posted by kinclonk pada 11 September 2008

Jenuh jalan-jalan di mal? Rekreasi kembali ke alam ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan sekolah si kecil. Banyak manfaatnya lho! . Belajar mengenal alam sambil bermain? Ajak si kecil berlibur ke Tanah Tingal yang mengha-dirkan wisata hutan kota di Jl.Merpati Raya No. 32B, Desa Sawah Baru Jombang, Ciputat yang ada sejak tahun 2000 ini.

Jenuh jalan-jalan di mal? Rekreasi kembali ke alam ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan sekolah si kecil. Banyak manfaatnya lho!

Belajar mengenal alam sambil bermain? Ajak si kecil berlibur ke Tanah Tingal yang mengha-dirkan wisata hutan kota di Jl.Merpati Raya No. 32B, Desa Sawah Baru Jombang, Ciputat yang ada sejak tahun 2000 ini.

Tanah Tingal (TT) bisa menjadi pilihan mengisi liburan sekolah agar mereka bisa mengenal alam lebih jauh. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan anak, mulai dari membuat keramik, mengenal jenis binatang, memberi makan binatang, panen padi, flying fox, hingga bermain kano.

Sendiri atau rombongan
Begitu menjejakkan kaki ke TT, suasana perkampungan alami langsung terasa. Di tempat ini mata kita langsung disejukkan oleh hamparan pohon hijau dan jajaran pohon kelapa. Bisa dibilang selain keindah-an alam, daya tarik wisata seluas 9 hektar ini terletak pada program petualangan keluarga yang ditawarkan, seperti flying fox, kano, meniti jembatan tali, melihat burung, melukis dengan cat alami.

Outbound untuk anak dan keluarga atau outing untuk perusahaan? Set saja waktunya, khusus rombong-an yang jumlahnya minimal 50 orang biayanya Rp. 200.000 – Rp. 800.000 per orang. Bagi yang sekadar ingin jalan-jalan dan mengikuti beberapa permainan saja juga bisa.

Anding menjelaskan khusus fasilitas umum yang ingin menjajal adrenalin lewat permainan flying fox dan kano dikenakan biaya Rp. 40.000,- per orang. Namun bila ingin lebih murah ambil paket minimun 5 orang dengan harga Rp. 25.000,-. Selain fasilitas permainan, juga tersedia fasilitas lain seperti penginapan, café dan kolam renang.

Untuk ibu yang hanya ingin menemani si kecil liburan, bisa mengunjungi kebun anggrek (Tingal Garden) yang terletak di bagian belakang. Bila ingin mengelilingi danau buatan berisi ikan dan udang, kano sewaan pun tersedia. Bahkan, Anda bisa adu cepat kano dengan peserta lain.

Uji nyali flying fox
Walaupun terkesan petualang, aktifitas di TT ini bisa dilakukan oleh anak usia usia 3 tahun bahkan orang tua. Saat bermain seluruh peserta dipandu fasilitator, jadi tak perlu ragu melepas si kecil beraktivitas.

“Semua fasilitator ahli di bidangnya, ada yang berlatar belakang pecinta alam, psikolog, hingga ahli tanaman dan binatang. Bahkan untuk menjaga kesehatan anak, ada dokter yang siap sedia memberi pertolongan medis,” jelas Anding.

Tertarik mencoba bersama keluarga besar? Pertama, lakukan reservasi dahulu minimal 2 minggu sebelum kegiatan. Sedangkan untuk umum terbuka kapan saja, Selasa – Minggu, pukul 08.00 -16.00 WIB. Syaratnya, sehat fisik dan jasmani, serta tidak memiliki penyakit jantung.

Kembali ke jaman purba
Aktifitas lain yang tak kalah menariknya adalah program Megalitiku, di mana kita dibawa ke jaman purba. Bayangkan kita bertetangga dengan Mr. Flinstone, di mana kita membuat cat alami dari batu bata dan kunyit. Sedangkan kuasnya dibuat dari bambu yang diserut seperti sumpit yang ujungnya ditumbuk sebagai kuasnya. Atau Anda ingin alih profesi sebagai pengamat burung? Ikut saja program birdwatching.

Tanah Tingal

Jl. Merpati Raya 32b Desa Sawah Baru
Jombang, Ciputat
Telp.:021-740944,7412912
Fax.: 021-7412912

www.tingal.com

About these ads

2 Tanggapan to “Wisata Tanah Tingal”

  1. indohoy said

    informasi nya lengkap sekali
    selain ada gambaran seperti apa tempat wisata nya, juga ada pemaparan biaya nya :)
    apakah biaya ini masih berlaku hingga saat ini ?
    atau sudah ada perubahan y?
    thanks

  2. sofawati said

    saya sekeluarga mau kesana brapa ya u ticket masuky.
    trus u permainan2 d dalamnya d kenakan biaya brapa ya
    tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: